Ketua Umum GMBI Berhasil Ditangkap Polda Jabar

Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F berhasil ditangkap Polda Jawa Barat
Jumpa pers Polda Jabar terkait penangkapan ratusan anggota LSM GMBI/ (RM/Net)

Bandung - Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F berhasil ditangkap Polda Jawa Barat, menyusul kericuhan yang terjadi di depan Mapolda Jabar, Kamis, 27 Januari 2022.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tomp menegaskan, pria berinisial F itu ditangkap pada Jumat pagi di kediamannya di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tak lama setelah ratusan anggota GMBI itu ditangkap.

"Masih ada beberapa orang yang masih kita kejar untuk penangkapan," kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat, 28 Januari 2022 sebagaimana dilansir Antara.

Selain F, menurutnya, ada sejumlah orang yang turut diamankan. Sejumlah orang tersebut, kata dia, diduga memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Adapun sejumlah orang yang diamankan, termasuk F sejauh ini masih berstatus sebagai saksi. Mereka kini tengah menjalani pemeriksaan di Polda Jawa Barat.

"Pemeriksaan akan dilakukan secara maraton karena banyak. Semau itu agar bisa dilihat siapa saja yang terlibat pidana," katanya.

Dengan adanya penangkapan sejumlah tokoh ormas GMBI, menurutnya, kini ada sebanyak 731 orang yang diamankan usai kericuhan yang terjadi di Polda Jawa Barat pada Kamis (27/1).

Dari kericuhan itu, Ibrahim menyebutkan ada sejumlah fasilitas yang rusak mulai dari pintu gerbang, pagar patah, dan lampu pecah. Aksi tersebut diwarnai dengan pelemparan batu oleh para anggota ormas GMBI.

Aksi tersebut dilakukan GMBI karena adanya ketidakpuasan terhadap penanganan kasus di Kabupaten Karawang pada tahun 2021. Namun polisi menyebut kasus itu justru telah proses dan dilimpahkan ke kejaksaan.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Wadanpussenif TNI-AD dan Wakapolda Jabar Ikut Zoom Alumni Akabri 1990
Wadanpussenif TNI-AD,bersama Kapolri dan Wakapolda Jabar mengikuti zoòm meeting 31 pengabdian Alumni Akabri 1990
Polda Jabar Terapkan Penyekatan Akses ke Bandung
Nantinya, warga dari luar kota yang tidak memenuhi dokumen persyaratan akan diputar balik oleh petugas.
Polda Jabar Bakal Panggil Pentolan FPI Rizieq Shihab
Polda Jabar akan memanggil pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab terkait kerumunan massa di Bogor.
0
Ketua Umum GMBI Berhasil Ditangkap Polda Jabar
Ketua Umum Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) berinisial F berhasil ditangkap Polda Jawa Barat