UNTUK INDONESIA
Ketua KPK Ingatkan Jangan Ada Uang Ketuk Palu APBD
Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan uang ketuk palu sering terjadi saat akan pembahasan dan pengesahan APBD di daerah.
Ketua KPK Firli Bahuri usai menghadiri Rapat Koordinasi dan Sinergi Penyelenggaraan Pemerintah di Provinsi Jatim di Grand City, Surabaya, Kamis 9 Januari 2020. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memgingatkan kepala kepala daerah dan DPRD di Jawa Timur (Jatim) agar saat pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak ada uang ketok palu. Jika ditemukan adanya praktik uang ketok palu, KPK akan menindak tegas.

Firli melarang hal tersebut karena selama ini sering terjadi kasus korupsi yang ditangani KPK terkait pengesahan APBD. Dia sangat tidak senang jika ada kepala daerah yang tertangkap tangan melakukan korupsi.

“Saya nitip kepada bapak-ibu semua. Jangan ada uang ketuk palu. Di Beberapa tempat ini menjadi persoalan," ujarnya saat Rapat Koordinasi dan Sinergi Penyelenggaraan Pemerintah di Provinsi Jatim di Grand City, Surabaya, Kamis 9 Januari 2020.

Praktik uang ketok palu akan menjadi pintu masuk terjadinya tindakan korupsi baru. Tentunya uang tersebut diambilkan dari sumber-sumber yang tidak tepat.

Saya nitip kepada bapak-ibu semua. Jangan ada uang ketuk palu. Di Beberapa tempat ini menjadi persoalan.

“Darimana uang ketok palu? ya dari OPD (organisasi perangkat daerah), kas daerah dan sumber-sumber lain. Nah, di Jatim jangan terjadi,” kata Firli.

Pengelolaan keuangan negara dalam menetapkan APBD diharapkan tidak menimbulkan persoalan. Maka KPK melarang adanya negosiasi terkait pengesahan APBD.

"Sekali lagi saya mohon petunjuk, mudah-mudahan tidak terjadi dan tidak boleh terjadi lagi," tuturnya.

Tak hanya itu saja, Firli juga meminta untuk tidak memanfaatkan proses mutasi pejabat sebagai ajang mencari keuntungan. Maka pengangkatan jabatan harus transparan, dan didasarakan atas kompetensi.

"Bukan karena deal-deal tertentu. Berapapun, jangan. Sekalipun Rp 10 juta jangan korupsi,” ucapnya. []

Berita terkait
Impor Bolpoin Palsu dari China, SPI Merugi Rp 1 T
CEO SPI, Megusdyan Susanto mengaku sangat dirugikan atas pemalsuan merk bolpoin yang perusahaannya produksi.
Satpol PP Kediri Tertibkan Panti Pijat Tak Berizin
Satpol PP Kota Kediri menemukan satu panti pijat yang izinnya sudah kadarluarsa dan masih beroperasi.
Bea Cukai Amankan 858.240 Bolpoin Palsu di Surabaya
Barang palsu yang berhasil disita Ditjen Bea Cukai bernilai Rp 1 miliar
0
Gisel Jawab Isu Rencana Pernikahan Gading Marten
Mantan istri Gading Marten, Gisella Anastasia, menampik isu yang menyebut bekas suaminya itu bakal menikah lagi dengan Juria Hartmans.