Ketahui Penyebab Mimisan saat Tidur

Mimisan terjadi ketika salah satu dari lima arteri2 yang melayani bagian dalam hidung pecah.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Bangun dengan noda darah di sarung bantal Anda tanpa alasan yang jelas bisa menjadi hal yang menjijikkan, meresahkan, dan benar-benar menakutkan. Mimisan terjadi ketika salah satu dari lima arteri2 yang melayani bagian dalam hidung pecah. Darah ini biasanya bergerak maju keluar dari lubang hidung, tetapi juga dapat bergerak mundur keluar dari rongga hidung dan masuk ke tenggorokan.

Sama saja seperti mimisan di siang hari, mimisan di malam hari terjadi karena berbagai alasan. Memahami apa yang menyebabkan mimisan saat tidur adalah langkah pertama untuk mencegahnya. Dilansir dari Sleep Foundation berikut penyebab mimisan saat tidur.


1. Mengupil

Mengupil atau menyentuh hidung adalah penyebab paling umum dari mimisan. Para ahli juga menyarankan untuk tidak mengupil setelah Anda mengalami mimisan, karena hal itu dapat menyebabkan perdarahan berlanjut.


2. Udara dingin dan kering

Penelitian menunjukkan bahwa kualitas lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan tingkat polusi mempengaruhi risiko mimisan. Jika Anda menggunakan pemanas ruangan atau AC atau tinggal di iklim kering, rumah Anda mungkin memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Jika kelembapan turun di bawah 30%, Anda harus menyiapkan diri untuk kulit kering dan selaput lendir, termasuk selaput di dalam hidung Anda.


3. Alergi

Alergi musiman menyebabkan peradangan di dalam hidung yang dapat memicu pendarahan di hidung. Orang dengan rinitis alergi juga terkadang meniup hidung mereka lebih sering daripada yang lain. Meniup hidung terlalu keras, baik karena alergi, pilek, atau flu, adalah pemicu mimisan lainnya.


4. Efek samping obat

Beberapa orang mengalami mimisan sebagai efek samping dari pengobatan atau perawatan medis. Penting untuk mendiskusikan masalah apapun mengenai pengobatan Anda dengan dokter Anda. Obat-obatan yang dapat menyebabkan atau memperburuk mimisan meliputi: Aspirin, pengencer darah, beberapa jenis inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), beberapa antibiotic, kortikosteroid diterapkan di dalam hidung, misalnya untuk mengobati hidung tersumbat, dan obat yang diminum melalui hidung.


5. Penggunaan alkohol dan nikotin

Penelitian menunjukkan bahwa mimisan lebih sering terjadi pada orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan. Orang yang menggunakan nikotin juga lebih mungkin mengalami mimisan yang memerlukan perhatian medis.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Berita terkait
Tips Mengatasi Mimisan Ketika Sedang Sendirian di Rumah
Pada dasarnya ketika kita mengalami luka atau mengalami pendarahan, tubuh kita akan merespon untuk segera menghentikannya.
Penyebab dan Cara Mengobati Mimisan Sendiri di Rumah
Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi di hidung dan kerap dialami banyak orang. Berikut penyebab dan cara mengobati mimisan sendiri di rumah.
Tips Mengatasi Sulit Tidur
Tips ini bukan pengganti saran dokter. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika insomnia memberikan dampak negatif pada kesehatan.
0
Ketahui Penyebab Mimisan saat Tidur
Mimisan terjadi ketika salah satu dari lima arteri2 yang melayani bagian dalam hidung pecah.