Tips Mengatasi Mimisan Ketika Sedang Sendirian di Rumah

Pada dasarnya ketika kita mengalami luka atau mengalami pendarahan, tubuh kita akan merespon untuk segera menghentikannya.
Ilustrasi tips mengatasi mimisan secara mandiri. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Pernahkah kamu mengalami mimisan? Mimisan merupakan pendarahan spontan yang mengalir dari bagian rongga hidung. Hal ini dapat terjadi pada semua usia, baik anak-anak maupun dewasa. Bagaimana jika mimisan terjadi saat sedang sendiri di rumah? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mimisan secara mandiri.

Pertama, disarankan untuk tidak panik dan tetap bersikap tenang. Anak-anak biasanya ketika melihat darah akan merasa panik dan berupaya melawan darah. Padahal hal tersebut beresiko menyebabkan sumbatan pada saluran napas.

Kedua, posisikan kepala menghadap ke bawah dan sedikit menunduk. Jangan mencoba mendongak keatas karena dikhawatirkan darah akan mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan sumbatan pada jalan saluran napas.

Ketiga, tekan hidung bagian depan secara perlahan. Tekan dalam durasi kurang lebih 5-10 menit. Ulangi proses ini apabila dalam kurun waktu tersebut mimisan masih terjadi.

Keempat, bernapaslah melalui mulut. Jika memaksakan bernapas melalui hidung yang sedang ditekan, maka akan menghambat proses pemulihan.

Kelima, keluarkan darah yang tertelan dan jangan menelan ludah. Jika tertelan akan menyebabkan rasa mual dan tersedak.

Perlu diperhatikan, jika mimisanmu mengalamai hal ini!

Kamu harus segera periksa ke dokter atau rumah sakit apabila mengalami hal-hal berikut ini.

  1. Mimisan tidak berhenti dengan penekanan.
  2. Pendaharan mimisan yang hebat, berisiko terjadinya penurunan kesadaran atau pingsan.
  3. Mimisan terjadi berulang. Mimisan yang sudah berhenti terjadi mimisan kembali.
  4. Mimisan pada bayi atau anak berusia 2 tahun.
  5. Mimisan yang menyebabkan sumbatan jalan nafas.
  6. Terjadinya kelainan anatomis ataupun adanya trauma pada wajah

Pada dasarnya ketika kita mengalami luka atau mengalami pendarahan, tubuh kita akan merespon untuk segera menghentikannya. Meskipun pada tiap orang atau setiap individu memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Tubuh kita akan membuat darah pada luka yang akan mengendap dan mengental, karena tubuh kita memiliki faktor pembekuan sehingga luka akan tertutup dan pendarahanpun segera berhenti. []

Berita terkait
Lima Tips Diet Sehat yang Baik dan Benar
Diet sehat yang baik dan benar harus diketahui oleh semua orang yang memiliki bentuk tubuh besar. Berikut tips diet sehat yang baik dan benar.
7 Tips Hidup Sehat dengan HIV
Menjaga kesehatan tubuh dan menjaga rutinitas yang sehat dapat membantu pengidap HIV melawan virus dan jenis infeksi lainnya.
Tips Menjaga Kesehatan Tiroid Secara Alami
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, organ kecil, terletak di depan leher, tampak membungkus tenggorokan (trakea).
0
Pandemi dan Krisis Iklim Tingkatkan Buruh Anak di Dunia
Bencana alam, kelangkaan pangan dan perang memaksa jutaan anak-anak di dunia meninggalkan sekolah untuk bekerja