UNTUK INDONESIA
Kernet Truk di Tegal, Dalangi Pencurian 10 Ton Jagung
Polisi di Tegal, Jawa Tengah, meringkus dua maling muatan truk. Salah seorang pelaku justru kernet truk tersebut.
Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondijah (kiri) saat pengungkapan kasus pencurian muatan truk di Mapolsek Tegal Barat, Selasa 3 September 2019. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Tegal - Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah meringkus S, 43 tahun, dan T, 35 tahun karena kedapatan mencuri muatan truk yang sedang diparkir. Salah satu pelaku ternyata kernet truk.

Terungkapnya perbuatan para pelaku bermula dari kecurigaan sopir truk, Sobirin, 62 tahun, saat mendapati muatan jagung di dalam truk selalu berkurang setelah truk diparkir di tepi Jalan Lingkar Utara (Jalingkut), Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Truk tronton bernomor polisi G 1759 AE itu sedang dalam perjalanan dari Kabupaten Batang menuju Cirebon. ‎Di tengah perjalanan, truk diparkir di Jalingkut dan ditunggui oleh kernet, Saknan. Sedangkan Sobirin pulang ke rumahnya di Desa Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal untuk beristirahat.

"Dua bulan terakhir perusahaan yang menerima jagung di Cirebon komplain, katanya muatannya berkurang. Saya mulai curiga sama kernet karena saat diparkir dia yang nungguin dan megang kunci kontak," kata Sobirin di Mapolsek Tegal Barat, Selasa 3 September 2019.

Kami masih mengembangkan untuk mengetahui apakah ada korban lain dalam kasus pencurian ini

Setelah berkoordinasi dengan perusahaan, Sobirin kemudian melaporkan kecurigaannya itu ke Polsek Tegal Barat. Menindaklanjuti laporan, anggota Unit Reskrim melakukan patroli dan pemantauan saat Sobirin kembali mengirim jagung dan memarkirkan truk di jalingkut Sabtu 31 Agustus 2019 malam.

‎Benar saja. Saat berpatroli, anggota Unit Reskrim mendapati truk sudah tidak lagi diparkir di Jalingkut, tapi berada di area Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat dengan kondisi sebagian muatannya sedang diturunkan oleh para pelaku.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondijah mengatakan, saat dipergoki, para pelaku sudah memindahkan 14 karung berisi jagung yang ada di truk ke mobil pikap yang sudah disiapkan. Masing-masing karung berisi 16 kilogram jagung. Sehingga muatan yang dicuri total sebanyak delapan kuintal.

"Pencurian tersebut dilakukan oleh kernet truk. Dia mengajak satu pelaku lain. Rencananya muatan jagung yang dicuri akan dijual di daerah Slawi, Kabupaten Tegal," katanya di Mapolsek Tegal Barat, Selasa 3 September 2019.

Menurut Siti, kedua pelaku yang merupakan warga Desa Belik, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang sudah melakukan perbuatannya sebanyak tujuh kali sejak Juli hingga Agustus 2019 dengan modus serupa. Selama kurun waktu itu, muatan yang dicuri total mencapai sekitar 10 ton.

"Kami masih mengembangkan untuk mengetahui apakah ada korban lain dalam kasus pencurian ini," tukas ‎Siti. []

Berita terkait
Pelajar Papua di Tegal Diajak Bertanding Sepakbola
Namun bukan skor akhir yang menjadi tujuan dalam pertandingan yang berlangsung cukup seru tersebut, melainkan rasa kebersamaan dan persaudaraan.
Sakila Kerti, Sekolah di Hiruk Pikuk Terminal Tegal
Belasan anak berusia tiga hingga empat tahun duduk melantai di emperan sebuah ruangan berukuran 6 x 8 meter di area Terminal Tegal, Jawa Tengah.
Tegal Jadi Sentra Bibit Bawang Putih Nasional
Hasil panen disiapkan untuk memenuhi kebutuhan bibit nasional sehingga produksi bisa meningkat dan impor bisa dikurangi.
0
Tokopedia di-Hack Bisa Menjalar ke Akun Media Sosial
Menurut pakar keamanan siber peretasan Tokopedia berpotensi menjalar ke akun media sosial dan platform lainnya.