Kereta Api Indonesia Permudah Pemesanan Tiket Lewat KAI Access

Kereta Api Indonesia memiliki aplikasi KAI Access menyediakan layanan penjualan tiket serta memberikan kemudahan lainnya.
Kereta Api Indonesia memiliki aplikasi KAI Access menyediakan layanan penjualan tiket serta memberikan kemudahan lainnya.(Foto:Tagar/Kementerian BUMN)

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki aplikasi KAI Access  yang tidak hanya menyediakan layanan penjualan tiket Kereta Api, tetapi juga memiliki berbagai fitur tambahan untuk kemudahan dan kenyamanan para pelanggannya.

“KAI Access memiliki berbagai benefit yang sangat berguna bagi pelanggan setia KAI di antaranya lebih murah, lebih mudah, adanya layanan khusus Premium Member, serta selalu ada inovasi terbaru,” tutur Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah berdasarkan keterangan resmi di laman Kementerian BUMN dikutip Tagar Minggu, 30 Mei 2021.

Dengan beragam alternatif tersebut, calon pelanggan bisa langsung memesan dan membayar tiket tanpa perlu berpindah aplikasi.

Dadan menjelaskan, pemesanan tiket kereta api menggunakan KAI Access lebih murah dibandingkan aplikasi lainnya lantaran calon pelanggan tidak akan dikenakan biaya tambahan saat akan membeli tiket kereta api.

KAI, juga menyediakan berbagai chanel pembayaran mulai dari LinkAja!, direct debit, QRIS, dan berbagai metode pembayaran lainnya untuk memudahkan pembayaran tiket yang dipesan di KAI Access.

"Dengan beragam alternatif tersebut, calon pelanggan bisa langsung memesan dan membayar tiket tanpa perlu berpindah aplikasi," ungkap Dadan.

Tujuan dikembangkannya KAI Access adalah untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi. Melalui KAI Access, pelanggan yang hendak mengubah jadwal atau membatalkan tiket, tidak perlu lagi repot datang ke stasiun. Selain itu, pelayanan tiket dengan Tarif Reduksi juga dapat dilakukan via aplikasi KAI Access setelah akunnya terdaftar.

Kemudahan lain yang didapat bila menggunakan KAI Access adalah pelanggan dapat nikmati fitur e-boarding pass. Dengan fitur ini, pelanggan tak perlu lagi mencetak boarding pass. Cukup print e-boarding pass pada aplikasi, dan scan QR Code yang muncul pada scanner yang tersedia di meja petugas boarding.

"Fitur e-boarding pass tersebut sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dimana hal tersebut akan mengurangi kontak fisik antara pelanggan dan petugas," tegas Dadan.

Benefit lainnya, KAI Access memiliki layanan khusus Premium Member. Dengan mendaftar sebagai Premium Member, maka setiap transaksi pemesanan tiket KA Jarak Jauh komersial (diluar KA PSO & Lokal) akan mendapat Railpoint. Railpoint tersebut dapat ditukarkan dengan tiket KA komersial (tidak termasuk KA Priority/Luxury & reduksi) dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Untuk menjadi Premium Member, pelanggan diharuskan terlebih dahulu melakukan registrasi di aplikasi KAI Access lalu melakukan upgrade Member Basic-nya dengan cara melengkapi data-data yang dibutuhkan,” sebut Dadan.

Sebelumnya di akhir 2020 lalu, KAI juga telah menelurkan inovasi lainnya. Bekerja sama dengan Bluebird, KAI memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Kereta Api Jarak Jauh. 

Melalui kerjasama ini, para pelanggan akan mendapatkan pilihan untuk memesan layanan taksi Bluebird saat memesan tiket di KAI Access. Fitur ini memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi pelanggan untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhirnya.

“Yang terbaru, KAI menghadirkan fitur pemesanan layanan pemeriksaan GeNose C19 di KAI Access mulai Maret 2021 lalu. Saat ini fitur tersebut telah tersedia bagi pelanggan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. KAI secara bertahap akan terus menambah layanan ini untuk keberangkatan di stasiun-stasiun lainnya,” terang Dadan.

Selain tiket KA Jarak Jauh, lewat KAI Access pula pelanggan dapat memesan tiket KA Lokal, KA Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu, serta beragam layanan Lokomart seperti makan/minum di kereta, Loko Cafe, dan lainnya. Info selengkapnya terkait berbagai fitur KAI Access, pelanggan dapat menghubungi Customer Service Stasiun dan Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan aplikasi KAI Access sebagai wujud inovasi berbasis digital, dengan menyediakan sistem transportasi yang aman dan efisien, demi memenuhi kebutuhan pelanggan,” ucap Dadan. []

Berita terkait
PT KAI Operasikan KA Brawijaya, Layani Relasi Gambir - Malang
KA Brawijaya dengan relasi perjalanan Gambir-Malang beroperasi untuk pertama kalinya pada Rabu, 10 Maret 2021.
Profil Said Aqil Siradj, Ketua PBNU Jadi Komisaris PT KAI
Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ditunjuk jadi Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia. Ia pintar bisnis. Ini profilnya.
Warga Jogja Tolak Pengosongan Rumah Dinas PT KAI di Tanah SG
Warga Kota Yogyakarta menolak pengosongan rumah dinas PT KAI yang berdiri di atas tanah Sultan Ground. Begini alasannya.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.