Stasiun Tawang Semarang Kembali Buka Pelayanan Penumpang KA

Stasiun Tawang Semarang kembali beroperasi setelah dua hari pelayanan penumpang KA dipindah ke Stasiun Poncol lantaran banjir.
Kondisi terkini Stasiun Tawang Semarang yang sudah bersih dan siap melayani penumpang KA per Jumat, 26 Februari 2021. Dua hari sebelumnya pelayanan Tawang dipindah ke Stasiun Poncol lantaran banjir. (Foto: Tagar/Istimewa)

Semarang - Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, kembali membuka pelayanan kepada calon penumpang kereta api (KA). Selama dua hari terakhir, Stasiun Tawang ditutup dan pelayanannya dipindah ke Stasiun Poncol lantaran banjir. 

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan pengoperasian kembali Stasiun Tawang per hari ini, Jumat, 26 Februari 2021. Selain banjir sudah surut, kondisi stasiun juga sudah bersih dan layak untuk melayani calon penumpang KA.     

"Kondisi Stasiun Semarang Tawang yang sudah kembali bersih, siap untuk melayani naik atau turun penumpang KA hari ini," tutur dia kepada Tagar

Sebelumnya, selama dua hari terakhir, Stasiun Tawang sempat terendam banjir yang juga melanda sebagian wilayah bawah Kota Semarang.

"Kami PT KAI Daop 4 Semarang sekali lagi memohon maaf karena selama banjir yang terjadi, pelayanan sempat dialihkan ke Stasiun Poncol yang jaraknya 3 Km dari Stasiun Semarang Tawang," ucapnya.

Pengoperasian kembali Stasiun Tawang juga melihat dengan kondisi cuaca yang sudah mendukung. Selain itu, selama banjir Daop 4 Semarang juga telah berupaya keras mengurangi genangan air, mulai dari jalan masuk, halaman, hall hingga emplasemen Tawang. 

Kondisi Stasiun Semarang Tawang yang sudah kembali bersih, siap untuk melayani naik atau turun penumpang KA hari ini.

Daop 4 Semarang memaksimalkan sembilan pompa air di Stasiun Tawang, yakni empat pompa utama yang berada di depan halaman parkir stasiun, dan lima pompa berada di peron stasiun.

"Juga bantuan dari Pemerintah Kota Semarang yang mengoperasikan mesin-mesin pompa air di seputar Stasiun Tawang," ujar dia.

Selain kondisi stasiun yang sudah bersih dan tak ada genangan air, dibukanya kembali pelayanan di Tawang karena akses menuju stasiun sudah bisa dilalui kendaraan. 

Sejumlah fasilitas yang mendukung pelayanan penumpang, seperti mesin cetak tiket, layanan cek Covid-19 lewat GeNose maupun rapid antigen, layanan pelanggan dan loket penjualan langsung, ruang tunggu utama serta peron, juga sudah siap digunakan. 

"Layanan rapid antigen maupun GeNose kembali normal dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 - 19.00 di Stasiun Semarang Tawang. Sedangkan di Stasiun Poncol juga tetap buka melayani pukul 08.00 - 16.00 WIB," .

Pada pagi tadi, pengoperasian Stasiun Tawang untuk pertama kalinya melayani KA Kedungsepur tujuan Ngrombo pada pukul 06.32 WIB. Pola operasi KA kembali normal sesuai dengan Grafik Perjalanan KA, yakni KA akan berhenti di stasiun-stasiun yang sudah ditentukan jadwalnya.

Baca juga: 

Krisbiyantoro menambahkan pelanggan KA harus memperhatikan stasiun tempat keberangkatan awal seperti yang tercetak pada tiket yang telah dimiliki. 

"Contohnya, bila pada tiket KA tercetak Stasiun Tawang sebagai tempat keberangkatan maka pelanggan KA tersebut harus naik atau memulai perjalanannya dari Stasiun Tawang," imbuh dia. []

Berita terkait
Semarang Banjir Lagi, Layanan KA di Tawang Pindah ke Poncol
Banjir kembali menyergap Kota Semarang. Pelayanan penumpang KA di Stasiun Tawang terganggu dan dipindah sementara ke Stasiun Poncol.
Cek Covid GeNose di Stasiun Tawang Semarang Hanya Rp 20 Ribu
Mulai 15 Februari 2021, Stasiun Tawang Semarang melayani pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19. Harganya murah, Rp 20 ribu.
Per 1 Februari, Arus Lalin Stasiun Tawang Semarang Dialihkan
Per 1 Februari, arus lalu lintas depan Stasiun Tawang Semarang dialihkan ke Jalan Merak karena ada sejumlah proyek pembangunan di kawasan itu.
0
Kemendag Teken Kerja Sama Pemberdayaan UMKM dengan Accor, BNI, dan Pemprov DKI
Kemendag kembali menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendorong pemberdayaan UMKM dengan grup perhotelan Accor, BNI & Pemprov DKI.