Keraguan PPATK Soal Uang Rp 2 Triliun Milik Akidi Tio

PPATK mengungkapkan pihaknya masih akan melakukan penelusuran di lapangan terkait sumbangan Rp2 triliun itu.
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana. (Foto: Tagar/Wikipedia}

Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana mengatakan, berdasarkan analisis keuangan secara domestik yang dilakukan, sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio bisa dibilang mendekati bodong.

PPATK mengungkapkan pihaknya masih akan melakukan penelusuran di lapangan terkait sumbangan Rp2 triliun itu. Itu juga termasuk soal kemungkinan uang ditransfer dari luar negeri.

"Tapi, sebetulnya ini kalau di dalam konteks analisis keuangan secara domestik semuanya sudah clear. Sebetulnya ini bisa dikatakan, bisa dikatakan mendekati bodong," kata Ediana dikutip dari kanal YouTube PPATK, Rabu, 4 Agustus 2021.

"Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar-masuknya dana," ujarnya.


Sebetulnya ini bisa dikatakan, bisa dikatakan mendekati bodong.


Sebelumnya, Dian menyebut, hingga kemarin sore, belum ada transaksi senilai Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio.

"Sebelum mungkin terjadi sesuatu hal, yang artinya pembuktian lain di dalam poin-poin lain yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan. Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar-masuknya dana," ujarnya. []

Baca Juga: Djoko Tjandra, MAKI Minta PPATK Usut Rekening Jenderal

Berita terkait
PPATK Resmi Bekukan 92 Rekening FPI
PPATK telah menyelesaikan proses analisis dan pemeriksaan terhadap 92 rekening FPI dan pihak terkait FPI itu.
PPATK Soal Aliran Dana Lintas Negara ke Rekening FPI, FOKSI: Bekukan!
Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Santri Indonesia (DPP FOKSI) mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan PPATK mendeteksi aliran dana ke FPI.
Kasus Denny Siregar, Haikal Hassan Seret PPATK
Juru bicara PA 212 Haikal Hassan membantah transfer uang kepada peretas data Denny Siregar, akun Twitter @opposite6890. Dia berani libatkan PPATK.
0
Delapan Hektare Hutan di Bener Meriah Aceh Hangus Terbakar
Kebakaran yang terjadi diduga sengaja dibakar yang menghanguskan seluas delapan hektar lahan di daerah yang merupakan lahan pinus