UNTUK INDONESIA
Kepala Puskesmas Mamuju Anggap Corona Biasa Saja
Kepala Puskesmas Mamuju Sulbar, Jasman, menganggap virus corona adalah penyakit yang biasa saja, hanya penyebarannya begitu cepat.
Kepala Puskesmas Mamuju, Jasman, saat ditemui Tagar di rumahnya, Jumat 13 Maret 2020. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamuju - Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), siap melayani pasien yang terpapar virus corona. Menurut kepala Puskesmas Binaga Mamuju, Jasman, virus corona adalah penyakit yang biasa saja. Dia berharap warga Mamuju tidak perlu panik berlebihan.

"Jangan panik dan jangan takut dengan virus corona karena penyakit ini sebenarnya adalah penyakit yang biasa saja. Hanya saja penyebarannya yang begitu cepat membuat masyarakat pada umumnya panik, itulah yang harus diantisipasi," ujarnya kepada Tagar, Jumat 13 Maret 2020.

Dia mengungkapkan, pihaknya setiap saat mengimbau kepada pasien yang datang untuk segera ke Puskesmas jika terserang penyakit apapun itu.

"Kami siap melayani pasien yang terpapar virus Ccorona, dengan segala kemampuan yang kami miliki," kata Jasman.

Setiap ada keluhan masyarakat, pihaknya tetap memberikan pelayanan. Hanya saja, kata Dia, jika ada pasien yang dicurigai terjangkit virus corona, pihaknya akan arahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Provinsi Sulbar karena di Puskesmas sarana dan prasarana sangat terbatas.

"Kalau kami di Puskesmas sebenarnya pelayanan tetap dijalankan. Setiap ada keluhan masyarakat, kami tetap lakukan tindakan. Kalau ada yang terjangkit virus corona, kami akan rujuk ke RSUD Regional Provinsi Sulbar yang sudah menyiapkan ruang isolasi," ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit yang menular. Selain itu, Dia berpesan kepada masyarakat untuk tidak berkontak langsung dengan orang-orang yang baru saja kembali dari luar negeri terutama dari negara-negara yang sudah terserang virus corona.

"Kami tetap mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, makan-makanan yang bergizi, cuci tangan setiap saat menggunakan sabun dengan air mengalir, pakai masker kalau batuk, serta hindari orang-orang yang baru kembali dari luar negeri,"jelas Jasman. []

Berita terkait
Puskesmas Bantaeng Imbau Tidak Panik Soal Corona
Terkait merebaknya virus corona, Kepala Puskesmas kota Bantaeng, drg. Ulil Amri Maksud, mengimbau masyarakat untuk tidak panik.
Cara Puskesmas Sleman Hindari Panik Corona
Nggih alkhamdulillah, Mas, sakniki pun mboten terlalu kuatir. Cerita orang-orang desa di Sleman yang kini tak panik lagi dengan virus corona.
Puskesmas di Kabupaten Tangerang Awasi Virus Corona
Dalam melakukan pencegahan serta penanganan masuknya virus corona ke Kabupaten Tangerang, seluruh Puskesmas disiagakan
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.