UNTUK INDONESIA
Kepala PPATK Kiagus Badarudin Meninggal Dunia
Kepala PPATK Kiagus Badarudin, meninggal dunia pada hari ini, Sabtu, 14 Maret 2020, sekitar pukul 11.10 WIB.
Ketua PPATK, Kiagus Badarudin. (Foto: Dok. Kemenkeu)

Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kiagus Badarudin, meninggal dunia pada hari ini, Sabtu, 14 Maret 2020, sekitar pukul 11.10 WIB. Berita duka tersebut pertama kali menyebar melalui grup pesan singkat kalangan wartawan, belakangan Staf Ahli Bidang Pengawasan Pajak Kemenkeu, Nufransa Wira Sakti membenarkan informasi tersebut.

"Innalillahi wa Inna Ilaihi rojiun Telah wafat suami kami tercinta, Drs. Kiagus Ahmad Badaruddin, MSc. pada hari ini Sabtu, tanggal 14 Maret 2020. Mohon dimaafkan segala khliaf & salah beliau, dimudahkan jalannya menuju jannahNya," demikian bunyi pesan tersebut yang diterima Tagar pada Sabtu siang, 14 Maret 2020.

Kiagus Ahmad Badarudin lahir di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, pada 29 Maret 1957. Ia dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan posisi M Yusuf sebagai ketua PPATK pada 26 Oktober 2016 di Istana Negara.

Dia mengawali kariernya di Kementerian Keuangan sejak lulus sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 1977 dengan menduduki posisi sebagai pelaksana. Ia kemudian dipercaya untuk menduduki sejumlah jabatan dan posisi strategis di lembaga pengatur keuangan negara itu.

Kiagus sempat diangkat menjadi Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2003, sebelum akhirnya kembali lagi ke Kemenkeu dan menduduki posisi sebagai Direktur Sistem Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada tahun 2006.

Dua tahun berikutnya, Kiagus kembali dipercaya untuk duduk di kursi Direktur Pelaksanaan Anggaran di Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Ia berhasil mempertahankan posisinya itu selama kurang lebih satu tahun untuk kemudian diangkat untuk menjabat sebagau Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan di tahun 2009.

Karier Kiagus kian moncer seusai diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara pada tahun 2011. Satu tahun berselang, ia kembali dipercaya dan ditetapkan sebagai Sekjen Kementerian Keuangan. Tiga tahun setelahnya, ia dilantik menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, tepat pada 1 Juli 2015.

Kiagus merupakan lulusan Diploma III Ekonomi Perusahaan dan S1 ekonomi Manajemen di Universitas Sriwijaya Palembang. Gelar Sarjana Ekonomi diraihnya tahun 1986. Kemudian, ia melanjutkan jenjang pendidikan S2 di University of Illinois at Urbana-Champaign dan mendapatkan gelar Master of Science pada tahun 1991.

Sepanjang pengabdiannya kepada negara, Kiagus pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX tahun, dari Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Penyanyi Nyentrik Rama Aiphama Meninggal Dunia

Kiagus meninggal dunia pada Sabtu, 14 Maret 2020 sekitar pukul 11.10 WIB. Rencananya, jenazah Kepala PPATK tersebut bakal disemayamkan di rumah duka, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. []


Berita terkait
Mengenang Rama Aiphama, Bela Prabowo di Pilpres 2014
Penyanyi nyentrik Rama Aipama meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Semasa hidup, ia pernah ikut mendukung Prabowo-Hatta di Pilpres 2014.
Aktris Film Senior Mila Karmila Meninggal Dunia
Artis peran yang terkenal di era 60-an, Mila Karmila, meninggal dunia di usia 77 tahun.
Ashraf Sinclair Wafat Bukan Karena Serangan Jantung?
Seorang dokter spesialis jantung, dr. Vito Anggarino Damay, menyebut penyebab kematian Ashraf Sinclair belum tentu karena serangan jantung.
0
Gempa 5,6 SR Guncang Tapanuli Bagian Selatan Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara.