UNTUK INDONESIA
Kenang BJ Habibie, Aceh Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh untuk mengibarkan bendera setengah tiang guna mengenang BJ Habibie.
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman saat ditemui wartawan di Kantor Camat Syiah Kuala, Banda Aceh, Senin, 19 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menginstruksikan kepada seluruh masyarakat Aceh untuk mengibarkan bendera setengah tiang, demi mengenang jasa mendiang Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie yang meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019, pukul 18.05 WIB.

Menurut dia, seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, hatinya menangis mendengar kabar duka tersebut, tak terkecuali warga di Kota Banda Aceh.

"Atas nama pemerintah dan warga kota, saya menyampaikan rasa belasungkawa dan duka cita mendalam," ujar Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu, 11 September 2019.

Mari kita kibarkan bendera setengah tiang, baik di kantor, pertokoan, dan rumah warga. Ini penghormatan setinggi-tingginya yang diberikan pemerintah atas jasa-jasa beliau.

Dia menilai sosok BJ Habibie adalah pahlawan bangsa yang memberi begitu banyak sumbangsih, utamanya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Kami berdoa agar beliau diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Menurut kami, begitu banyak sumbangsih yang telah diberikannya untuk negara dan bangsa ini. BJ Habibie akan selalu ada di hati dan menjadi teladan bagi kami," kata Aminullah.

Menindaklanjuti surat dari Menteri Sekretaris Negara mengenai pengibaran bendera setengah tiang dan hari berkabung nasional dari 12-14 September 2019, Aminullah menegaskan kembali bagi seluruh elemen masyarakat untuk menjalankan imbauan tersebut.

"Selama tiga hari berturut-turut, mari kita kibarkan bendera setengah tiang, baik di kantor, pertokoan, dan rumah warga. Ini penghormatan setinggi-tingginya yang diberikan pemerintah atas jasa-jasa beliau," kata Aminullah.

BJ Habibie tutup usia pada umur 83 tahun. Dia meninggakan dua orang putra. Sebelumnya, mantan Presiden RI yang menggatikan Soeharto sempat dirawat secara intensif sejak 1 September lalu di RSPAD. 

Rencananya, pria kelahiran Parepare, 25 Juni 1936 ini akan dimakamkan di samping pusara istrinya, Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. []

Berita terkait
Reza Rahardian Melayat BJ Habibie Sambil Menangis
Satu di antara seratusan pelayat yang datang ke rumah duka BJ Habibie tampak seorang aktor Reza Rahardian.
Prabowo Subianto Melayat BJ Habibie
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melayat ke rumah duka mendiang BJ Habibie, Rabu malam, 11 September 2019.
Pemakaman BJ Habibie Dilakukan Usai Zuhur
Rencananya mendiang Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, usai ibadah zuhur.
0
Tiga Kuliner Indonesia Favorit Orang Asing
Tiga masakan favorit tersebut adalah sate ayam, nasi goreng kampung, gado-gado, dan kerupuk udang.