UNTUK INDONESIA
Kemungkinan Jabodetabek akan Lockdown
Pemerintah membuka kemungkinan diberlakukannya lockdown atau karantina total di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Jakarta - Pemerintah membuka kemungkinan diberlakukannya lockdown atau karantina total di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 

Tanda-tanda mengarah lockdown lantaran Polda Metro Jaya menyusun skema simulasi pembatasan akses dari dan menuju Jakarta sebagai antisipasi untuk menghalau penyebaran coronavirus Covid-19.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus saat dikonfirmasi menegaskan Jakarta tidak dalam kondisi atau akan melakukan lockdown.

"Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing, tidak ada karantina wilayah atau lock down. Tapi, kita harus tetap latihan. Apapun yang terjadi kita sudah latihan," kata Kombes Yusri saat dikonfirmasi di Jakarta, dikutip Antara, Minggu, 29 Maret 2020.

Kombes Yusri mengatakan Polda Metro Jaya akan bertindak untuk menegakkan keputusan yang diambil oleh pemerintah, oleh karena itu jajarannya akan menggelar latihan untuk bersiap terhadap apapun keputusan pemerintah.

"Jakarta belum mengenal karantina, tapi kalau pemerintah mau laksanakan silakan. Tapi kami sudah latihan, kami harus latihan dulu," ujarnya.

Kombes Yusri mengatakan saat ini jajaran kepolisian di wilayah tengah mengumpulkan data di masing-masing wilayah.

"Jadi kami latihan simulasi situasi sekarang ini. Jadi kami minta data di masing-masing wilayah, kumpulkan, rapatkan, dibikin pelatihan bersama. Jadi besok-besok apa pun yang terjadi sudah siap," katanya.[]

Berita terkait
Lockdown di Jawa Barat di Zona Merah Covid-19
Pemprov Jabar berencana berlakukan lockdown atau karantina wilayah di zona merah penyebaran Covid-19 di beberapa wilayah di Jawa Barat
Warga Kota Tegal di Jakarta Dilarang Mudik
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono meminta warganya yang bekerja di Jakarta menunda aktivitas mudik. Jika nekat, karantina akan diberlakukan.
25 Foto Lockdown India dan Berbagai Negara di Dunia
Banyak negara termasuk India terapkan lockdown, mengunci pintu, tidak boleh ada keluar masuk, untuk menekan penularan corona. Lihat foto-fotonya.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya