Kementerian PANRB: 28 dan 30 Oktober 2020 Cuti Bersama ASN

Kementerian PANRB sampaikan 28 dan 30 merupakan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW untuk ASN.
Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pegawai ASN. (Foto: Tagar/Kementerian PANRB)

Jakarta – Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No. 440/2020, 03/2020, 03/2020, pemerintah sepakat menetapkan cuti bersama dan libur nasional 2020.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan bahwa dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) resmi yang menjadi acuan cuti dan libur nasional 2020 ditetapkan 28 dan 30 Oktober merupakan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Dalam SKB tersebut, tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 adalah cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW," ucap Dwi pada Selasa 27 Oktober 2020.

Menurut Dwi, SKB tersebut dapat dilihat melalui situs jdih.menpan.go.id. Dia juga menyampaikan cuti bersama ini tidak mengurangi hak cuti tahunan bagi aparatur sipil negara (ASN), yang mana sesuai dengan Keppres No. 17/2020 tentang Cuti Bersama Pegawai ASN Tahun 2020.

Dengan adanya cuti bersama dan libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini memberikan potensi masyarakat untuk mengunjungi lokasi wisata, untuk itu Presiden Joko Widodo mengimbau agar momen ini tidak menyebabkan terjadinya lonjakan angka positif Covid-19.

Baca juga:

"Oleh sebab itu, ini perlu kita bicarakan agar kegiatan libur panjang dan cuti bersama ini jangan sampai berdampak pada kenaikan kasus Covid-19," kata Joko Widodo dalam keterangan persnya.

Sementara itu, khusus untuk warga yang memiliki kepentingan mendesak pada waktu tersebut diharapkan dapat tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga mengimbau dengan tegas kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan. []

Berita terkait
Kemenpan RB Rencanakan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik
Kemenpan RB rencanakan dan susun kebijakan peraturan penyelenggaraan e-services.
Kemenpan RB Dukung Maluku - Maluku Utara Tingkatkan Kinerja
Dukungan diberikan oleh Kemenpan RB terhadap Maluku dan Maluku Utara dalam meningkatkan kinerja SP4N-LAPOR!.
Kemenpan RB dan UNDP Wujudkan SP4N-LAPOR! Ramah Gender
Kementerian (PANRB) dan United Nations Development Programme (UNDP) bekerja sama mewujudkan SP4N-LAPOR! yang ramah gender
0
Amerika Dibantu Denmark Memata-matai Merkel dan Sekutu Eropa
Sejumlah media Denmark dan Uni Eropa laporkan AS memata-matai beberapa politisi tertinggi Eropa, termasuk Kanselir Jerman, Angela Merkel