Kementerian ATR/BPN Adakan Uji Kompetensi Pelatihan ZI

Kementerian ATR/BPN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Uji Kompetensi Pelatihan Zona Integritas (ZI).
Gambar ilustrassi karyawan di zona integritas (Foto:Tagar/atrbpn.go.id)

Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan Uji Kompetensi Pelatihan Zona Integritas (ZI).

Pembangunan ZI serius dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melayani, profesional dan terpercaya. 

Ini merupakan komitmen dari kementerian ATR/BPN untuk memulai dengan nilai organisasi melayani, profesional dan terpercaya.

"Ini merupakan komitmen dari kementerian ATR/BPN untuk memulai dengan nilai organisasi melayani, profesional dan terpercaya. Untuk itu tentunya dimulai dari itikad baik kita sendiri, bagaimana membangun ZI itu menjadi bagian dari nilai organisasi," ujar Kepala PPSDM, Deni Santo.

"Yang disampaikan pimpinan bahwa pembangunan ZI wajib bagi satuan kerja, baik itu di Kantor Wilayah, Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota maupun di pusat. Pembangunan ZI ini juga merupakan bagian dari pembangunan quick win yaitu untuk mentransformasi sesuai dengan Renstra 2020-2024," sambungnya.

Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN menuturkan pelatihan ini ingin melihat proses memahami dan keseriusan jajaran Kementerian ATR/BPN dalam pembangunan ZI. 

"Pembelajaran ini merupakan bagian dari kita untuk komitmen membangun ZI dengan serius. Kita harus menyatukan persepsi dan langkah kerja, oleh karena itu di pelatihan ZI tidak hanya sekedar pengetahuan, selain itu terdapat penugasan-penugasan. Kita harapkan kepada peserta dari penugasan itu terdapat dokumen rencana kerja pembangunan ZI," tuturnya.

Pembangunan ZI harus selaras dengan kinerja dan pelayanan di setiap kantor untuk menaikkan nilai Reformasi Birokrasi (RB) di Kementerian ATR/BPN. 

"Jika ada tunggakan pelayanan semakin naik dan tidak turun itu menjadi perhatian karena komitmen pembangunan ZI perlu ditingkatkan lagi dan juga pengaduan masyarakat harus cepat direspon," ujar Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kementerian ATR, Niken Wulandari.

Niken Wulandari mengapresiasi dan berterima kasih atas pelatihan ini atas semangat para peserta yang di mana serius untuk membangun ZI. 

"Melihat Satuan Kerja (Satker) begitu semangat dalam membangun ZI untuk memperoleh predikat WBK itu sudah menunjukkan komitmennya dengan itu semangat zona integritas akan tumbuh di Kementerian ATR/BPN," ucapnya.

Uji Kompetensi diikuti oleh 1.774 peserta yang terdiri dari satuan kerja yang ada di seluruh Indonesia termasuk Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota dan jajarannya. []

Baca juga:



Berita terkait
Kementerian ATR/BPN Urus Soalan Pertanahan Transmigrasi
Kementerian ATR/BPN bertangggung jawab atas persoalan petanahan transmigrasi.
Kementerian ATR/BPN Susun RPP Peraturan Pelaksanaan UUCK
Kementerian ATR/BPN segera menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait Undang-uncang Cipta Kerja (UUCK).
Kementerian ATR/BPN Susun Rencana Anggaran Kementerian
Kementerian ATR/BPN mulai penyusunan rencana kerja anggaran kementerian/lembaga (RKA-KL) untuk rencana kerja tahun anggaran 2021
0
Kemenag Gelar Serifikasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pendakwah
Kementerian Agama (Kemenag) berencana menggelar sertifikasi wawasan kebangsaan untuk para pendakwah yang merupakan program modernisasi beragama.