Kemenkominfo Sediakan 50.000 Beasiswa Digital

Kemenkominfo menyediakan 50.000 beasiswa digital pada tahun 2020 untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM Indonesia di bidang TIK
(Foto: Wikipedia/Kemkominfo).

Pangkalpinang - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun 2020 menyediakan 50.000 beasiswa digital atau meningkat dibandingkan tahun 2019. Beasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

"Pada tahun ini kita telah menyediakan 25.000 beasiswa dan tahun depan sebanyak 50.000 beasiswa diberikan kepada siswa, mahasiswa, guru dan relawan TIK se-Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, Niken Widiastuti usai membuka Festival TIK 2019 di Pangkalpinang, Sabtu, 23 November 2019, seperti dilaporkan Antara.

Menurut Niken, siswa, mahasiswa, guru dan relawan TIK yang mendapatkan beasiswa digital ini akan didik pengetahuan digital, seperti big data, cyber security dan bisnis digital.

"Ini peluang bagi siswa, mahasiswa dan relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk ikut mendaftar sebagai calon penerima beasiswa digital ini," ujarnya.

Menurut dia, Program Beasiswa Talenta Digital atau Digital Talent yang dikelola Kemenkominfo ini bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri dan swasta terkemuka di Indonesia, perusahaan teknologi internasional antara lain Cisco, Google dan Microsoft.

Selain beasiswa digital talent, Kemenkominfo juga menyediakan beasiswa mengenali informatik untuk strata 1, 2 dan strata 3.

"Untuk beasiswa ini, Kemenkominfo telah mengirim 200 orang peserta ke berbagai perguruan tinggi di luar negeri seperti Amerika, Eropa dan negara lain," katanya.

Ia berharap masyarakat khususnya para siswa sekolah kejuruan, mahasiswa, guru dan relawan TIK memanfaatkan program beasiswa, agar mereka memiliki talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi.

"Ini adalah peluang bagi adik-adik untuk ikut mendaftarkan diri sebagai peserta dalam program beasiswa ini," kata Niken. []

Berita terkait
Jokowi Sebut Bonus Demografi untuk Katrol Kualitas SDM
Presiden Jokowi instruksikan kepada menteri di Kabinet Kerja Indonesia Maju periode 2019-2024 untuk berupaya meningkatkan kualitas SDM.
Tentang Infrastruktur Langit, Ini Kata Kemenkominfo RI
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sedang menyelesaikan pekerjaan pemerataan layanan internet.
Strategi Pengembangan Ekonomi Digital Ala Menristek
Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro membeberkan strategi pengembangan ekonomi digital.
0
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.