UNTUK INDONESIA
Kelola Keuangan Setelah Dapat Gaji Atau Manyun di Akhir Bulan
Tanggal gajian menjadi momen paling ditunggu-tunggu seluruh pekerja. Namun, kok sering merasakan nominal gaji ludes pada akhir bulan ya?
Ilustrasi hitung uang. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Jakarta - Tanggal gajian menjadi momen paling ditunggu-tunggu seluruh pekerja. Kerja keras selama sebulan akhirnya terbayarkan untuk kebutuhan hidup. Namun, kok sering merasakan nominal gaji ludes pada akhir bulan ya?

Kesalahan dalam mengelola pendapatan  bisa menyebabkan Anda kehabisan uang di akhir, bahkan pertengahan bulan. Walaupun memperoleh gaji yang besar, jika tata kelolanya tidak benar maka hasilnya pun sama.

Lantas bagaimana caranya mengelola uang setelah dapat gaji? Berikut Tagar berikan tips agar di akhir bulan Anda tidak selalu manyun:

1. Buatlah daftar anggaran

Catatlah semua pengeluaran setiap bulannya dan juga catat pengeluaran di luar kebutuhan pokok, seperti membeli baju, makan di luar, dan jalan-jalan.

Buatlah perencanaan belanja agar Anda tahu uang tersebut akan habis digunakan untuk apa saja.

Ilustrasi menghitungIlustrasi menghitung pengeluaran. (Foto: Pexels)

2. Buatlah skala prioritas pengeluaran

Setelah membuat daftar pengeluaran, Anda harus membuat skala prioritas pengeluaran. Mulailah belajar untuk memprioritaskan hal-hal yang berguna dan penting. Supaya uang Anda tidak habis untuk membeli sesuatu yang kurang berguna dan dibutuhkan.

Ilustrasi belanjaIlustrasi belanja online. (Foto: Pixabay)

Baca juga:

3. Belanja sesuai kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan memang dirasa sulit, karena kebanyakan orang tidak bisa mengendalikan rasa keinginannya. Untuk itu belajarlah perlahan untuk mengatur keuangan Anda untuk belanja sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sering-sering membuka aplikasi online shop karena itu yang membuat Anda akan semakin tergoda.

Sebelum belanja, catat keperluan apa saja yang dibutuhkan. Jadi Anda bisa fokus untuk belanja sesuai kebutuhan.

Belanja OnlineIlustrasi belanja online. (Foto: Pixbay/Mediamodifier).

4. Memiliki dua rekening bank

Hal ini digunakan agar Anda bisa semakin mudah untuk mengatur uang gaji. Rekening pertama untuk menerima gaji, dan membayar tagihan. Kemudian rekening yang dua untuk Anda menabung dan investasi.

Hal yang pertama dilakukan saat menerima gaji adalah menyisihkan uang untuk menabung. Pilihlah rekening untuk menabung yang menerapkan biaya administrasi rendah dan buka rekening simpanan yang tidak memerlukan kartu ATM.

Ilustrasi rekening bankIlustrasi rekening bank. (Foto: Pexels)

5. Melunasi utang dan cicilan

Apabila Anda memiliki utang atau cicilan, lunasi terlebih dahulu setelah menerima gaji dan jangan sampai Anda menundanya. Karena Anda akan merasakan kesusahan dikemudian hari jika Anda menunda pembayaran utang maupun cicilan.

Melunasi utang bisa membantu Anda dalam jangka panjang. Hindari berutang untuk keinginan yang tidak penting. (Niswatul Mahmudah)

Dolar ASKaryawan menghitung uang dolar AS di Kantor Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020. (Foto: Antara/Aprillio Akbar/wsj)

Berita terkait
Diberi Semangat Tetap Malas, 7 Ancaman Kesehatan Mengintai
Sahabat dan kekasih sudah memberi semangat, siap-siap 7 masalah kesehatan ini mengancam jika malas tetap jadi kebiasaan.
Pindah Rumah saat Pandemi, Lakukan 3 Hal Ini Bisa Hindari Virus
Karena mau tak mau harus pindah rumah saat pandemi, Anda dapat menerapkan 3 hal ini untuk menekan risiko terpapar virus.
6 Minuman Tak Boleh Dikonsumsi Setelah Bangun Tidur
Meskipun niat ingin membanjiri tenggorokan secepat kilat, ada jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah bangun tidur.
0
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.