UNTUK INDONESIA
Kelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda
Belgia memiliki sejumlah kuliner khas yang bakal mengugah selera dengan cita rasa yang menggoda.
Kelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: weekend.levif.be)

Jakarta - Belgia menyimpan beragam kuliner khas yang mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Makanan yang ditawarkan berkonsep modern dengan cita rasa yang unik. Sayang untuk melewatkan kelezatannya.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah kuliner khas Belgia yang menggoda.

1. Carbonade

CarbonadeKelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: Instagram/tarakienandfriends)

Carbonade sekilas seperti olahan daging semur di Indonesia. Daging dimasak menggunakan cuka anggur, anggur hitam dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Eropa. 

Carbonade juga dimasak dengan bahan tambahan lainnya, seperti wortel dan irisan bawang. Umumnya, masyarakat Belgia menyajikannya bersama roti tawar dan Belgian Fries atau kentang goreng.

2. Boudin Blanc

Boudin BlancKelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: Instagram/oldmajormarket) 

Meskipun nama masakan ini sama dengan hidangan khas Perancis, kenyataannya bahan dan cara pengolahan boudin blanc khas Belgia berbeda.

Boudin blanc khas Belgia merupakan sosis yang terbuat dari daging sapi atau babi yang dicampur dengan tepung terigu, kemudian diberikan bumbu, seperti lada, garam, dan bawang putih.

Boudin blanc khas Belgia umumnya disajikan dengan kentang goreng dan sayuran segar, tak lupa disiram dengan saus barbeque atau sambal.

3. La Tarte De Riz (Rice Tart)

La Tarte De RizKelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: weekend.levif.be)

Sekilas memang terdengar aneh, namun masakan khas Belgia satu ini memiliki cita rasa yang begitu menggoda. La tarte de riz merupakan tart yang terbuat dari nasi atau rice pudding yang dicampur dengan telur lalu diberikan taburan gula di atasnya.

Keunikan rasa yang diciptakan mampu membuat lidah para penikmat serasa dimanja. Terlebih bagi penggemar makanan manis, rasanya wajib mencicipi hidangan ini.

4. Stoemp

StoempKelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: Instagram/debby_the_chocoholic)

Sekilas mirip dengan mashed potatoes, stoemp merupakan makanan khas pedesaan yang ada di Belgia. Sajian ini berbahan utama kentang yang ditumbuk, kemudian dicampur dengan daging dan sayuran, seperti wortel dan daun bawang.

Semua komposisi tersebut akan dibumbui dengan krim, merica dan pala, kemudian dipanggang sampai matang. Umumnya masyarakat di sana menyajikan stoemp bersamaan dengan sosis bakar.

5. Belgian Chocolate

Belgian ChocolateKelezatan Kuliner Khas Belgia yang Menggoda. (Foto: Instagram/karolinakubenska)

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Belgia dan belum mencicipi coklat. Meskipun tidak membudidayakan bahan baku pembuat coklat, namun negara ini menjadi penghasil coklat dengan kualitas terbaik nomor dua di dunia.

Lebih dari 2.000 toko coklat yang ada di Belgia. Bahkan, masih banyak toko-toko coklat kecil yang mengolah coklar dengan cara tradisional.

Beragam jenis coklat ditawarkan, seperti white, dark, milky, dan masih banyak lagi yang mampu memanjakan lidah penikmatnya. []

Berita terkait
Lima Kuliner Pasar Lama Tangerang yang Melegenda
Kuliner di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang memiliki beragam sajian yang mengugah selera dan juga melegenda.
Resep Mudah Masak Tumis Durian Muda di Rumah
Durian muda bisa diolah menjadi tumis yang mengugah selera, berikut Tagar bagikan resepnya.
Resep Mudah Smoothies Tingkatkan Imunitas Tubuh
Smoothie yang kaya akan vitamin C sangat cocok untuk menemani aktivitas di dalam rumah, apalagi saat pandemi virus Corona.
0
Musisi Aceh Rilis Lagu Religi di Tengah Wabah Corona
Musisi Aceh, Joel Pase bakal merilis lagu berjudul ‘Ramadan yang Dinanti’ pada Jumat, 1 Mei 2020 besok.