Kelebihan dan Kekurangan Dalam Saham Preferen

Saham preferen merupakan gabungan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemegangnya.
Ilustrasi kelebihan dan kekurangan saham preferen (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Beragam jenis investasi yang menguntungkan merupakan kelebihan tersendiri bagi para investor dan calon investor dalam menentukan instrumen investasi. Salah satu instrumen investasi yang paling populer adalah saham.

Di Indonesia sendiri, terdapat istilah saham yang memiliki hak istimewa, yakni saham preferen. Saham preferen merupakan gabungan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemegangnya.

Biasanya saham jenis ini adalah jenis saham yang memberikan prioritas lebih kepada pemiliknya atas aset dan laba perusahaan. Namun perlu dicatat, meski terdengar menggiurkan, saham jenis ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

Berikut ini adalah kelebihan saham preferen dibandingkan dengan saham biasa yang harus kamu ketahui.

1. Dividen yang didapat investor biasanya lebih besar dibanding pemegang saham biasa.

2. Pemegang saham preferen akan didahulukan untuk mendapatkan keuntungan di sahamnya saat perusahan mengalami likuidasi atau pembubaran,.

3. Investor saham preferen akan mendapatkan keuntungan ketika ada yang tersisa dalam keuntungannya.

4. Pemegang saham preferen akan didahulukan dalam pembagian dividen

5. Memiliki hak pembayaran dividen tetap yang besarannya sama dengan (bunga) deposito

6. Saham preferen bisa ditukar dengan saham biasa

7. Saham preferen ada yang diperdagangkan di bursa saham, ada juga yang tidak, tergantung perusahaan tersebut.

Selain ragam keuntungan yang dapat kamu nikmati dalam saham preferen, rupanya terdapat pula kekurangan atau kerugian yang harus kamu terima. Berikut ini adalah kekurangan yang harus kamu waspadai dalam saham preferen.

1. Saham preferen sulit diperjualbelikan, seperti saham biasa karena jumlahnya sedikit

2. Pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara atau voting dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan atau pemilihan direksi maupun dewan komisaris

3. Pemegang saham preferen tidak bisa membeli kembali saham perusahaan

Itulah tadi seputar kelebihan dan kekurangan dalam saham preferen. Meskipun memiliki banyak sekali keuntungan dan hak istimewa, namun kamu juga tidak boleh mengesampingkan kerugian dan kekurangan yang harus kamu perhatikan juga.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Wah! Ternyata Ini Sumber Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal
Salah satu produk pasar modal yang paling familiar di telinga masyarakat adalah saham yang merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.
Mengenal Karakteristik Bearish dan Bullish Dalam Pasar Modal
Keduanya adalah sebutan yang kerap digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar.
IA-ITB Gandeng SRO Pasar Modal Gelar Vaksinasi Ganesha 200 Ribu Dosis di Singkawang dan Kalbar
IA-ITB bekerja sama dengan SRO Pasar Modal melaksanakan acara vaksinasi Ganesha dengan 200.000 dosis vaksin untuk Singkawang dan Kalimantan Barat.
0
Kelebihan dan Kekurangan Dalam Saham Preferen
Saham preferen merupakan gabungan gabungan antara obligasi dan saham biasa yang bisa menghasilkan pendapatan tetap bagi pemegangnya.