UNTUK INDONESIA
Kelanjutan Liga 1, PSS Sleman Tunggu Surat Resmi PT LIB
PSS Sleman menyambut antusias dilanjutkannya kompetisi hasil keputusan pertemuan antara klub dan PT LIB. Namun PSS tetap menunggu surat resmi.
PSS Sleman menyambut antusias dilanjutkannya Liga 1 hasil keputusan pertemuan antara klub dan PT LIB. Namun PSS tetap menunggu surat resmi dari PT LIB. Tampak PSS menjalani latihan rutin saat liga ditunda. (Foto: Tagar/Dok PSS Sleman)

Sleman - PSS Sleman menyambut antusias dilanjutkannya kompetisi yang merupakan hasil keputusan dari Extraordinary Meeting antara klub peserta liga dan operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), di Yogyakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. Meski demikian PSS tetap menunggu surat resmi dari PT LIB, termasuk jadwal kompetisi. 

Kompetisi memang belum pasti meski PSSI bersama PT LIB memutuskan kompetisi digulirkan kembali. Keputusan itu juga disepakati 18 klub Liga 1 lewat Extraordinary Meeting tersebut. 

Meski sudah disepakati, namun liga tetap menunggu jawaban dari Polri. Apakah memberikan izin menggelar keramaian atau tidak. Bila tidak, kesepakatan itu pun mentah lagi. 

Kami masih menunggu hitam di atas putih dari PT LIB maupun PSSI. Dalam rapat baru disampaikan secara lisan

Namun klub tetap optimistis liga digulirkan kembali. Mereka antusias dengan rencana tersebut seperti dikatakan PSS Sleman, salah satu kontestan Liga 1. Manajer Danilo Fernando yang mewakili PSS dalam pertemuan mengaku antusias Liga 1 musim 2020 dapat dilanjutkan sesuai dengan kesepakatan, 1 November mendatang. 

"Kami siap dengan segala situasi dan senang Liga 1 musim 2020 dapat dilanjutkan," kata Danilo menegaskan.

Hanya PSS tetap menunggu kepastian kompetisi dari PT LIB. Menurut dia pertemuan itu baru menghasilkan keputusan yang bersifat lisan dan belum ada hitam di atas putih. 

Tidak hanya PSS tetapi 17 klub juga menunggu surat resmi PT LIB. Selain itu jadwal terbaru juga ditunggu klub karena mereka tetap harus mengantisipasi bila ada perubahan jadwal liga. 

"Kami masih menunggu hitam di atas putih dari PT LIB maupun PSSI. Dalam rapat baru disampaikan secara lisan. Termasuk kemungkinan jika terjadi perubahan jadwal pertandingan," tutur mantan pesepak bola asal Brasil tersebut.

PSS Lakukan Persiapan Intensif

Menurut Danilo dengan adanya keputusan positif itu, tim akan akan melakukan persiapan secara lebih intensif. Saat ini PSS masih menunggu kedatangan pelatih Dejan Antonic bersama asisten pelatih Mido Dadic Doda dan Aaron Evans, pemain asal Australia. 

Mereka rencananya bakal kembali bergabung dalam latihan pada pekan ini. PSS sendiri telah menggelar latihan selama dua bulan sejak berkumpul akhir Agustus lalu di bawah komando asisten pelatih, Suwandi HS. 

"Manajemen sudah menyiapkan semuanya untuk melanjutkan kompetisi," kata Danilo.

Baca juga:

PSS Sleman Siapkan Rumah Isolasi Saat Ikuti Liga 1

Liga 1 Ditunda, PSS Sleman: Kami Sudah Habis-habisan

Sebelumnya pada pertemuan tersebut ke-18 klub sepakat liga dilanjutkan kembali. Kelanjutan liga tidak hanya persoalan kompetisi semata tetapi juga persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.  

"Klub sepakat untuk dilanjutkannya kompetisi pada 1 November 2020 dengan semangat memajukan sepak bola nasional," kata GM Borneo FC Firman Achmadi yang didaulat membacakan 3 butir pernyataan sikap seluruh tim Liga 1. Ada beberapa opsi yang disepakati klub peserta Liga 1 di antaranya jika skema bergulirnya liga pada 1 November, 1 Desember atau Januari 2021. 

"Kalau 1 November maka 3 pertandingan awal tetap dihitung, kalau 1 Desember ada opsi 2 wilayah kalau 1 Januari nanti awal puasa tetap ada pertandingan," kata dia. []

Berita terkait
Ketum PSSI: Presiden Joko Widodo Peduli Sepak Bola
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi apresiasi kepedulian Presiden Joko Wido dengan sepak bola. Iriawan juga memohon Polri beri izin liga.
Pesan PSS Sleman Jelang Pertemuan PT LIB dengan Klub Liga 1
PT Liga Indonesia Baru (LIB) bertemu dengan klub Liga 1 dan Liga 2 menentukan nasib kompetisi. PSS Sleman pun berpesan agar liga diselesaikan.
Liga 1 Sepakat Lanjut, Izin Polri Masih Tanda Tanya
Kompetisi Liga 1 2020 sepakat digulirkan kembali setelah mendapat dukungan dari 18 klub peserta. Namun kelanjutan liga tergantung izin kepolisian.
0
Iran dan Rusia Kembali Serang Pilpres Amerika Serikat
Badan-badan intelijen di Amerika Serikat (AS) tuduh Iran dan Rusia coba gunakan data pendaftaran pemilih sebar kekacauan