UNTUK INDONESIA
Kejati Kembalikan Kasus Asusila Anak Kiai Jombang
Kejati Jatim mengembalikan berkas kasus asusila anak Kiai di Jombang ke Polda Jatim karena dianggap P18 atau belum lengkap.
Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Timur Richard Marpaung. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Berkas kasus tindak asusila dilakukan oleh anak Kiai di Jombang berinisial MSA dikembalikan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Alasan pengembalian berkas ke Kepolisian Daerah Jawa Timur, lantaran dinyatakan P18 atau belum lengkap.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Jawa Timur Richard Marpaung membenarkan telah mengembalikan berkas kasus asusila anak Kiai di Jombang karena belum lengkap. Ia juga mengatakan sebelumnya berkas kasus pencabulan ini telah diterima sejak tanggal 13 Maret 2020.

Besok akan kita kembalikan. Ini tapi kita sudah beri tahu ke polisi.

"Baru berkasnya saja tanggal 13 Maret masuk. Tapi sesuai petunjuk kemarin kita nyatakan P18 (tidak lengkap)," kata Richard di kantor Kejati Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis, 26 Maret 2020.

Richard mengatakan rencana pengembalian berkas ini akan dilakukan pada Jumat 27 Maret 2020. Ia meminta pihak Polda Jawa Timur untuk melengkapi kembali berkas tersebut.

"Besok akan kita kembalikan. Ini tapi kita sudah beri tahu ke polisi," kata dia.

Sayangnya, Richard enggan menyebut berkas apa yang belum lengkap dalam kasus pencabulan anak Kiai Jombang. Ia berasalan hal itu menjadi rahasia pihak kejaksaan dan polisi.

"Enggak bisa kita ungkap kalau itu. Karena jaksa meneliti ini berdasarkan alat bukti perkara," ujar Richard.

Sebelumnya, tersangka pencabulan telah diperiksa. Namun pemeriksaan dilakukan di rumahnya. Bahkan surat SP2HP atau Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan dari polisi telah dikirimkan.

Dalam surat tersebut memaparkan MSA telah diperiksa. Setelah diperiksa, berkas perkara itu pun telah dikirim ke kejaksaan. []

Berita terkait
Korban Asusila Kecewa Pemeriksaan Anak Kiai Jombang
Kuasa hukum korban, Nun Suyuti mengaku kecewa polisi memeriksa anak kiai di Jombang inisial MSA di rumahnya bukan di Polda Jatim.
Polisi Kesulitan Saksi Kunci Kasus Anak Kiai Jombang
Polda Jatim mencari saksi kunci dari pondok pesantren dalam kasus asusila anak kiaia di Jombang untuk menguatkan bukti yang telah dikantongi.
Tarik Ulur Kasus Asusila Anak Kiai di Jombang
Hingga saat ini tersangka asusila terhadap santri MSA belum juga memenuhi panggilan pemeriksaan Polda Jatim, meski sebelumnya sudah janji datang.
0
Kejati Kembalikan Kasus Asusila Anak Kiai Jombang
Kejati Jatim mengembalikan berkas kasus asusila anak Kiai di Jombang ke Polda Jatim karena dianggap P18 atau belum lengkap.