Keindahan Air Terjun Sambabo Mamasa Sulawesi Barat

Salah satu objek wisata alam yang patut di kunjungi saat berada di Sulbar adalah air terjun Sambabo.
Air terjun Sambabo di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa Sulbar. (Foto: Tagar/Eka Musriang)

Mamasa - Keindahan objek wisata alam di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) tidak diragukan lagi. Daerah ini memiliki anugerah keindahan panorama alam yang beranekaragam, yang dapat menyejukkan mata dan hati para pengunjungnya.

Salah satu objek wisata alam yang patut di kunjungi saat berada di Sulbar adalah air terjun Sambabo yang terletak di Desa Ulumambi, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa.

Akses dari Kecamatan Mambi hingga air terjun Sambabo berlumpur, jadi jadi sangat menyulitkan kendaraan roda empat untuk melintas.

Selain keindahan yang disuguhkan, air terjun Sambabo juga disebut-sebut sebagai objek wisata air terjun tertinggi di Sulbar. Air terjun Sambabo memiliki ketinggian kurang lebih 200 meter.

Baca juga:

Jarak tempuh dari pusat Kota Kabupaten Mamasa Sulbar menuju air terjun Sambabo sekira 39 kilometer dengan waktu tempuh sekira 76 menit perjalanan.

Saat mengunjungi objek wisata air terjun Sambabo nan indah itu, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan akses jalan yang terkenal ekstrim di Kabupaten Mamasa, hingga di perkampungan Ulumambi.

Dari perkampungan Ulumambi, pengunjung akan menempuh perjalanan sekira 30 menit dengan jalan kaki melalui jalan setapak yang berbatu dan berlumpur dan sedikit menanjak.

Menurut informasi yang dikumpulkan Tagar, objek wisata air terjun Sambabo sudah pernah ditinjau oleh pemerintah setempat untuk dikelola. Namun sampai saat ini belum juga ada polesan dari peninjauan yang dilakukan.

Salah satu pemuda asal Desa Minanga, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa Sulbar, Ardan mengaku, sudah seringkali mengunjungi objek wisata air terjun Sambabo untuk mengisi hari libur bersama keluarga dan kerabat.

"Kami sudah sering ke sini mengisi hari libur dan yang menarik dari air terjun ini adalah pemandangannya yang masih asri dan terjaga,"kata Ardan, kepada Tagar, Minggu 16 Agustus 2020.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Mamasa memperhatikan akses jalan menuju lokasi air terjun Sambabo mulai dari Kecamatan Mambi.

"Akses dari Kecamatan Mambi hingga air terjun Sambabo berlumpur, jadi jadi sangat menyulitkan kendaraan roda empat untuk melintas,"katanya. []

Berita terkait
Penyebab Pasar Rakyat di Mamasa Sulbar Disegel
Pasar Rakyat yang terletak di Orobua, Kecamatan Sesenapadang (Sespa), Kabupaten Mamasa, Sulbar disegel pemilik tanah. Ini penyebabnya.
Keindahan Negeri di Atas Awan Mamasa Sulawesi Barat
Keindahan wisata puncak Tanete Orong di di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dapat menyejukkan mata dan hati para pengunjung.
TRC Mamasa Bubar, Kasus Covid-19 Ditangani Dinkes
TRC Penanganan Covid-19 Mamasa bubar. Namun penanganan covid tidak berhanti. Kasus corona ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.
0
Pasokan Vaksin Covid-19 di Indonesia Capai 75,9 Juta Dosis
Dengan kedatangan vaksin tahap ke-14 ini, maka jumlah pasokan vaksin yang ada mencapai 75,9 juta dosis vaksin