UNTUK INDONESIA
Kecelakaan Cipularang, PKB Sorot Kinerja Dishub
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Oleh Soleh menyoroti kinerja Dishub yang dinilai kurang tegas dalam mengawasi angkutan barang.
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Oleh Soleh. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat Oleh Soleh menyoroti kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) yang dinilai kurang tegas dalam mengawasi angkutan barang mulai dari dimensi hingga jumlah muatan, terutama saat pemeriksaan di jembatan timbang. 

Hal itu dilakukan supaya tidak ada lagi kecelakaan seperti di Tol Cipularang yang diduga kuat dipicu oleh truk overload yang sampai 300 persen.

Perusahaan angkutan harus mulai menertibkan dan bertindak tegas terhadap sopir-sopir truk yang tidak disiplin dan berperilaku buruk di jalanan, seperti mengebut, mengangkut barang melebihi batas.

"Kita minta Dishub harus mulai tegas terhadap supir dan perusahaan angkutan barang, agar kasus ini tak terjadi lagi. Tak perlu lagi ada dispensasi, apalagi kongkalingkong antara petugas dan supir saat pemeriksaan di jembatan timbang," kata Oleh Soleh saat ditemui di DPRD Jawa Barat, Kamis, 5 September 2019. 

Dia menegaskan perusahaan angkutan mentaati aturan soal batas dimensi dan jumlah muatan. Perusahaan angkutan harus mulai menertibkan dan bertindak tegas terhadap sopir-sopir truk yang tidak disiplin dan berperilaku buruk di jalanan, seperti mengebut, mengangkut barang melebihi batas dan lain sebagainya.

"Bisa ambil contoh di Singapura, kebanyakan perusahaan angkutan barang itu benar-benar merekrut sopir dengan baik. Mereka memilih sopir yang disiplin, berperilaku baik. Dikala ada pelanggaran perusahaan angkutan barang biasanya ambil tindakan tegas," ucap dia.

Politikus PKB ini menegaskan perlu adanya jalur khusus untuk angkutan barang di jalan tol. Upaya ini patut dicoba, mengingat dari beberapa kecelakaan yang pernah terjadi belakangan ini banyak dipicu akibat truk overload.

"Bisa dicoba pemisahan jalur antara angkutan barang dan mobil pribadi. Mekanismenya jalur khusus angkutan ini tidak boleh digunakan oleh jenis mobil lainnya selain truk angkutan," ujarnya.

Kata dia, hal yang perlu diperhatikan mengenai batasan kecepatan di beberapa jalur kilometer tertentu yang memang dinilai rawan kecelakaan, baik itu akibat kontur tanahnya yang cukup ekstrim atau hal lainnya.

"Kami DPRD, secara teknis yang rinci memang tidak terlalu mengetahui. Tapi ada beberapa yang perlu dikritisi terkait infrastruktur jalan tol cipularang," tuturnya.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Kecelakaan Tol Cipularang Karena Tidak Ada Pengawasan
Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang), Jabar, disebabkan 4 faktor saling berkaitan
DPR Desak Pemerintah Audit Geometrik Tol Cipularang
Desakan ini menyusul terjadinya kecelakaan maut tabrakan beruntun di KM 91 tol tersebut.
WN Korea Korban Kecelakaan Tol Cipularang Masih di ICU
Korban kecelakaan Tol Cipularang seorang warga negara Korea masih menjalani perawatan di ruangan ICU RS Thamrin.
0
Fachrul Razi Sang Jenderal Jadi Menteri Agama
Presiden Jokowi secara resmi menunjuk Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.