Kebiasaan Buruk Pengendara Mobil yang Sering Dilakukan

Ada kebiasaan buruk pengemudi mobil yang bisa jadi karena kebiasaan lama atau ikut-ikutan seseorang tanpa tahu maksud tujuannya.
Kebiasaan Buruk Pengemudi Mobil (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta – Ketika memiliki kendaraan bermobil tentunya harus mengetahui cara merawat dan mengendarai mobil dengan benar. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman saat dipakai bersama. Selain hal tersebut terdapat beberapa kebiasaan salah pengemudi mobil yang kadang dilakukan. 

Ada kebiasaan buruk pengemudi mobil yang bisa jadi karena kebiasaan lama atau ikut-ikutan seseorang tanpa tahu maksud tujuannya.

Berikut ini kesalahan pengemudi mobil yang sering dilakukan.


Penggunaan Lampu Hazard saat Hujan

Kebiasaan salah yang sering dilakukan pengemudi mobil adalah menyalakan lampu hazard saat mengemudi dalam kondisi hujan. kebiasaan ini salah dan beresiko membahayakan, karena pengendara lain mengira mobil sedang dalam kondisi darurat. Sebaiknya cukup nyalakan lampu saja, itu sudah cukup untuk memberikan tanda kepada pengendara lain.


Membuka Kap Mesin

Salah satu kebiasaan yang salah dan dilakukan beberapa pemilik mobil adalah membuka kap mesin setelah menempuh perjalanan jauh. Tujuan untuk membuat mesin jadi lebih cepat dingin. Untuk mobil modern hal tersebut tidak perlu dilakukan, karena teknologi yang diberikan sudah modern tidak perlu lagi membuka kap mesin karena pendinginannya lebih cepat.

Beberapa mobil kap, mesin sudah dirancang agar pendinginan mesin jadi lebih cepat Resiko membuka kap mesin yaitu ada binatang yang masuk ketika kap mesin dibuka. Jika tidak mengecek saat menutupnya, bisa saja binatang terpanggang di dalam mobil dan beresiko mengganggu kinerja mesin mobil.


Menegakkan Wiper

Mungkin hal ini sudah biasa di zaman dulu, di zaman modern karet wiper sudah didesain tahan panas. Pertimbangan juga perlu dilakukan antara karet wiper dan per wiper. Karena saat ada masalah, mengganti wiper lebih terjangkau dibandingkan per wipernya. Disarankan saat parkir biarkan wiper menempel pada kaca ya.


Memanaskan Mobil Terlalu Lama

Kebiasaan ini banyak dilakukan pemilik mobil yang memanaskan mesin mobilnya terlalu lama. Memang hal ini umum dilakukan zaman dulu, namun mobil yang sudah menggunakan mesin modern, proses memanaskan mobil bisa lebih cepat. 

Sehingga bisa melakukan aktivitas segera, tidak perlu lama memanaskan mesin mobil. Mobil modern ketika dihidupkan, oli sudah menuju ke ruang mesin sehingga mobil bisa langsung dijalankan. Sementara untuk pagi hari tingga menunggu Rpm turun, itupun tidak butuh waktu lama mobil sudah dapat digunakan.


Melaju Perlahan di Jalur Kanan

Seperti diketahui, jalur sebelah kanan digunakan untuk mendahului kendaraan lain baik itu jalan raya atau jalan tol. Jika melakukannya maka ada resiko membuat macet di bagian belakang. Bahkan bisa membuat pengendara lain melanggar aturan karena harus menyalip dari sebelah kiri, padahal hal tersebut dilarang.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Pilih Mobil untuk Merintis Usaha
Pemilihan kendaraan operasional akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha, biaya operasional dan keuntungan yang diperoleh.
Tips Mencari Helm Motor yang Sesuai Kebutuhan
Fungsi utama helm untuk mengurangi resiko cedera parah yang bisa saja terjadi ketika kecelakaan di jalan.
5 Tips Sebelum Anda Memutuskan Membeli Motor Bekas
Motor bekas saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat harganya yang lebih murah dari pada harga barunya. Berikut tips sebelum membelinya.
0
Kebiasaan Buruk Pengendara Mobil yang Sering Dilakukan
Ada kebiasaan buruk pengemudi mobil yang bisa jadi karena kebiasaan lama atau ikut-ikutan seseorang tanpa tahu maksud tujuannya.