UNTUK INDONESIA
Kata Bupati Humbahas soal Mahasiswi Terkait Corona
Warga Kabupaten Humbahas geger dengan informasi satu unit ambulans milik pemkab membawa pasien terkait Covid-19 ke RSUD Tarutung.
Ilustrasi pandemic virus Corona. (Foto: pixabay/HoagyPeterman)

Humbahas - Warga Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, geger dengan informasi satu unit ambulans milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas membawa pasien terkait Covid-19 ke Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, Tapanuli Utara, Rabu 25 Maret 2020 malam.

Reaksi warga yang menuduh pasien di dalam ambulans terkait Covid-19, langsung diklarifikasi Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui akun Facebook pribadinya pada Rabu, 25 Maret 2020 malam.

Dosmar menuliskan, pasien di dalam ambulans bahwa ILP adalah mahasiswi di Universitas Sumatera Utara (USU) dan selama ini berdomisili di Medan. 

Riwayat medis ILP, pada 2 Maret 2019 dia dari Medan pulang ke Dolok Sanggul, Humbahas. Kemudian pada 3 Maret 2020 mengalami gejala demam.

ILP memutuskan untuk menjalani opname di RSUD Doloksanggul pada 7-15 Maret 2020. Dari hasil diagnosa pihak RSUD Doloksanggul, sementara menyimpulkan ILP mengidap penyakit tipes.

Pada 15 Maret 2020, pihak RSUD Doloksanggul memutuskan kondisi ILP sudah sehat dan diperbolehkan pulang ke rumah. Dua hari berikutnya, yakni 17 Maret 2020 dia melakukan kontrol ke RSUD Doloksanggul dan dinyatakan sehat.

Pasien tersebut belum bisa kita pastikan Covid-19

Kemudian pada 24 Maret 2020, ILP kembali menjalani opname atas anjuran pihak rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan rontgen foto thorax oleh dokter spesialis paru, didapati adanya gambaran mengarah ke pnemonia. Dokter paru lalu merujuk ILP ke RSUD Tarutung pada Rabu, 25 Maret 2020.

"Tetapi sebelum tiba di RSUD Tarutung, pasien sudah meninggal di perjalanan. Pasien dibawa kembali pulang ke RSUD Doloksanggul," tulis Dosmar.

Kesimpulan sementara, kata Dosmar, sesuai dengan penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Humbahas dan Direktur RSUD Doloksanggul atas kronologis riwayat penyakit, ILP belum dipastikan terjangkit Covid-19.

"Pasien tersebut belum bisa kita pastikan Covid-19. Karena belum melakukan pemeriksaan rapid test atau swab cairan spesimen untuk diperiksa," tulis Dosmar lagi.

Soal penguburan terhadap ILP dilakukan pada malam hari, Rabu 25 Maret 2020, menurut Dosmar adalah tindak lanjut Surat Edaran Bupati Humbahas tentang kewaspadaan penularan Covid-19 agar menghindari kerumunan massa.

"Perihal penguburan yang dilakukan langsung pada malam ini juga adalah merupakan kesepakatan antara keluarga dengan Pemerintah Humbahas, terlebih dahulu mengadakan pertemuan dengan keluarga, dengan memberikan pemahaman," tulisnya.

Penjelasan dan klarifikasi juga disampaikan salah satu rekan ILP, yakni Roy Preddy Sihombing, mengaku sebagai rekan mahasiswa di USU. Dia menyebut ILP memiliki riwayat penyakit maag kronis.

"Sebulan lalu sakit maagnya kambuh dan dibawa pulang untuk berobat. Terakhir informasi adek kami ini kena asam lambung dan sudah terjadi infeksi," tulis Roy pada dinding Facebooknya pada Rabu, 25 Maret 2020.

Dia kemudian menulis: "Saya tidak mewakili keluarga dalam hal informasi ini. Namun sebagai abang senioran dan alumni organisasi, informasi yang kami ketahui seputaran dia dan bagaimana dia serta histori sakitnya di Medan harus kami sampaikan. Sebelum kejadian ini, kami tahu adek kami itu ada histori maag, tidak bisa telat makan," tulisnya.

Roy juga membenarkan ILP adalah mahasiswi USU, jurusan bahasa Inggris, stambuk 2018 dan dia menyatakan itu mewakili senior maupun alumni Ikatan Mahasiswa Humbahas USU.

"Agar tidak timbul isu liar dan narasi mengambang di masyarakat, sebelum pihak terkait memberikan informasi yang lebih detail, bahwa ILP sekarang masih mengemban sebagai bendahara periode ini, hingga meninggal," tulisnya lagi.[]

Berita terkait
Tukang Jahit Yogyakarta Inisiasi Bikin APD Corona
APD petugas medis Corona terbatas. Tukang jahit di Yogyakarta berinisiatif membuatnya agar APD tersedia.
Selebriti Dibayar Agar Mengaku Positif Virus Corona?
Rapper Cardi B mengeluarkan penyataan yang menuding sejumlah selebriti Hollywood dibayar agar mengaku positif terinfeksi virus corona (Covid-19).
Corona, Ini Prosedur Bebas Cicilan Kredit Setahun
Presiden Jokowi melalui OJK memberikan kelonggaran kredi UMKM untuk nilai di bawah Rp 10 miliar karena imbas penyebaran virus corona Covid-19.
0
Corona Bikin Kualitas Udara Lebih Baik di Yogyakarta
Virus Corona yang membuat warga di rumah menjadikan kualitas udara Kota Yogyakarta jauh lebih baik dalam seminggu terakhir dibanding biasanya.