UNTUK INDONESIA
Kasus Penyiraman Air Keras di Belahan Dunia
Air keras merupakan larutan asam kuat yang jika mengenai kulit akan menimbulkan nyeri yang bisaj jadi akan membuat kulit mengalami luka bakar.
Ilustrasi Air Keras. (Foto: Instagram/@imie_pensil)

Jakarta - Air keras merupakan larutan asam kuat yang jika mengenai kulit akan menimbulkan nyeri yang bisa jadi akan membuat kulit mengalami luka bakar. Cairan ini berbahan dari hidrogen dan klorida (HCL) atau asam klorida yang biasa digunakan perindustrian zat–zat warna.

Seperti contoh asam sulfat yang digunakan untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disolder, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa kasus penyiraman air keras di belahan dunia dan akibatnya pada kulit.

1. Salah Sasaran Balas Dendam

Pada 9 September 2014, Andreas Christopheros terkena sasaran penyiraman air keras saat dirinya baru saja hendak keluar dari pintu rumahnya. 

"Ini untuk kamu, Sahabat," tiba-tiba David Phillips yang seorang dekorator dari East Sussex, Inggris itu langsung menyiramkan air keras ke arah dirinya. 

Sontak, Andreas berteriak kesakitan. Mendengar itu, istrinya langsung menghampirinya dengan anak digendongannya, langsung saja dia segera mengambil menyiramkan air sebanyak-banyaknya ke wajah Andreas.

Meski telah dibawa ke rumah sakit tapi tidak banyak merubah nasib Andreas. Sejak saat itu, hidup Andreas berubah drastis, wajahnya kini sudah berbeda dengan sebelumnya.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata pelaku penyiraman salah alamat saat melakukan serangan balas dendam. 

Dia mengira Andreas adalah orang yang telah melakukan pelecehan seksual terhadap salah satu anggota keluarganya. Sebagai ganjarannya, David akhirnya ditangkap dan dipenjara seumur hidup.

2. Air Keras dari Suruhan Kekasihnya

Seorang model dan presenter di London, Katie Piper disiram air keras seseorang yang ternyata suruhan dari kekasihnya David Lynch. 

Katie sudah menjalin hubungan dengan David melalui pesan Facebook sejak 2008. Namun, setelah dua minggu ada permasalahan di sebuah kamar hotel di London.

Akhirnya, Katie memutuskan untuk pulang ke kediamannya, hingga pada hari kemudian David meminta bertemu di sebuah kafe, yang ternyata pertemuan itu adalah sebuah jebakan bagi Katie.

Sebelumnya, David telah menyuruh seseorang bernama Stefan Sylvestre untuk menunggu Katie di luar kediamannya. Tak disangka, Stefan menyiram cairan asam sulfur ke wajah Katie.

Katie langsung dibawa ke rumah sakit, namun wajahnya terbakar dan mata kirinya mengalami kebutaan meski sudah beberapa kali menjalani operasi plastik.

Polisi menemukan pelaku penyiraman setelah menyelidiki rekaman CCTV. David sendiri ditangkap dan dikurung seumur hidup.

3. Cinta Ditolak, Gadis India Disiram Air Keras

Pada 2003, gadis asal Dhanbad, India Sonali Mukherjee disiram air keras tiga pria yang mengakibatkan wajahnya rusak permanen.

Ketiga penyerangnya, yakni Tapas Mitra, Sanjay Paswan, dan Bhrahmadev Hajra. Saat itu dia masih berusia 18 tahun. 

Motif dari penyerangan itu dikarenakan Sonali yang menolak untuk dinikahi oleh Tapas Mitra. 

Merasa tidak terima, Tapas bersama temannya itu melampiaskan emosinya. Sonali yang tengah tidur, ketiga pria ini masuk ke kamarnya dan menyiramkan air keras ke wajahnya. Sang adik, yang turut tidur bersama Sonali, juga kena siraman cairan asam tersebut.

Sonali sempat menjalani operasi hingga 22 kali. Akhirnya pelaku divonis hukuman 9 tahun penjara.

4. Satu Keluarga Asal China Disiram Air Keras

Di London Utara, Inggris, satu keluarga asal China disiram air keras orang tak dikenal ketika sedang berjalan kaki di Islington bersama anak mereka. 

Tiba-tiba saja seorang pria mendekati dan menyiram wajah sang ayah dengan air keras. Cairan berbahaya tersebut juga mengenai istri dan anak yang masih berusia dua tahun. 

Keluarga tersebut akhirnya dibawa ke rumah sakit. Polisi setempat mengatakan ibu dan anak tersebut mengalami luka kecil. 

Sedangkan sang ayah harus mendapat perawatan intensif. Hingga kini, pelaku masih diburu oleh pihak kepolisian setempat. 

Berita terkait
Begini Perkembangan Kasus Penyiraman Air Keras Novel Baswedan
Tahun 2018 hampir berakhir, begini perkembangan kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan.
Kuasa Hukum CW Sebut LPAI Tidak Fair Tanggapi Kasus Kekerasan Anak di Hotel Le Meridien
Kuasa hukum CW sebut LPAI tidak fair tanggapi kasus kekerasan anak di Hotel Le Meridien. "Kalau LPAI mau fair, buka ruang dialog kita klarifikasi,” ujarnya.
0
Pemprov Jakarta Klaim Masyarakat Setuju JPO Terbuka
Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengklaim konsep JPO terbuka dan tanpa atap di Jalan Jenderal Sudirman disetujui oleh mayoritas masyarakat.