Kapal Tenggelam di Laut Takalar, Satu Penumpang Meninggal

Polres Takalar menyebut satu penumpang meninggal dunia karena tenggelam saat kapal mengalami kecelakaan laut.
Kapal tradisional Makassar, Jolloro tenggelam usai dihantam ombak di Perairan Takalar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 17 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Istimewa/Lodi Aprianto)

Takalar - Sebuah Kapal motor atau Jolloro mengalami kecelakaan laut di perairan laut Tanakeke, Kabupaten Takalar, Sulsel, Sabtu, 17 Oktober 2020, sekitar pukul 09.00 WITA. Satu penumpang dikabarkan tewas karena tenggelam.

Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Takalar, Inspektur Satu Sumarwan mengatakan jolloro ini mengalami kecelakaan laut dengan tenggelam. Kapal memuat sembilan orang warga dan juga air bersih 300 liter. 

Kapal tenggelam di tengah laut. Terdapat sembilan orang penumpang, tapi ada satu orang meninggal.

Akibat kecelakaan laut itu, seorang penumpang bernama Hasmi Dg Jintu, 30 tahun, meninggal dunia karena tenggelam.

"Kapal tenggelam di tengah laut. Terdapat sembilan orang penumpang, tapi ada satu orang meninggal. Delapan lainnya berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan, yang kebetulan melintas di lokasi," kata Sumarwan kepada Tagar, Sabtu, 7 Oktober 2020.

Baca juga:

Jolloro milik Dg Makka ini, berangkat dari Dermaga Takalar Lama sekitar pukul 08.20 WITA, dengan tujuan pulau Tanakeke, Dusun Labbbotallua, Desa Mattirobaji, Kepulauan Tanakeke. Kapal ini memuat sembilan orang warga dan juga air bersih sebanyak 300 liter.

Saat diperjalanan, tiba-tiba cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, tali kemudi kapal langsung putus hingga kapal tidak bisa dikendalikan dan tenggelam.

"Penyebab terjadinya kecelakaan laut ini, disebabkan dari tali kemudi kapal terputus yang menyebabkan kapal terbalik," jelas Marwan, sapaan akrab Sumarwan.

Mantan personel Humas Polda Sulsel ini mengaku, kepingan dari kapal motor atau Jolloro belum berhasil dievakuasi. Alasannya, kapal ini sudah terpisah pisah diperkirakan sudah sampai ke dasar laut. Dan kemudian, akibat kecelakaan laut tersebut, kerugian material mencapai Rp60 juta.

"Korban selamat dibawa ke Puskesmas Tanakeke untuk diberikan perawatan medis. Sementara korban meninggal dunia dibawa ke rumah duka di Labbbotallua, Tanakeke, untuk disemayamkan dan dimakamkan," ucapnya. []

Berikut nama-nama korban.

1. Buleng Dg Mangka, 35 tahun, selamat.

2. Baia Dg Ngugi, 33 tahun, selamat.

3. Akbar, 17 tahun, selamat.

4. Nyonri Dg Gading, 44 tahun, selamat.

5. Habiba, 4 tahun, selamat.

6. Ali Dg Kulle, 45 tahun, selamat.

7. Bodo Dg Tayu, 27 tahun, selamat.

8. Sitti Patima, 40 tahun, selamat.

9. Hasmi Dg Jintu, 30 tahun, meninggal. []

Berita terkait
Pengakuan Eks Wakapolres Takalar Soal Tuduhan Pelecehan Seks
Ini kata Wakapolres Takalar terkait tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap seorang perempuan.
Wakapolres Takalar Dicopot Usai Dilapor Pelecehan Seksual
Polda Sulsel mencopot Wakapolres Takalar dari jabatannya buntuk kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukannya.
Polda Sulsel Dalami Tuduhan Pelecehan Wakapolres Takalar
Polda Sulsel terus melakukan penyelidikan terkait laporan pengaduan terkait dugaan perbuatan melanggar norma kesusilaan Wakapolres Takalar
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.