UNTUK INDONESIA
Kamera Mirrorless Sony Alpha 9 Mark II Meluncur
Rancangan keseluruhan Sony Alpha A9 Mark II ini dapat dikatakan masih mirip dengan generasi sebelumnya, Sony A9, generasi pertama.
Sony Alpha 9 Mark II. (Foto: Google)

Jakarta - Produsen teknologi dari Jepang, Sony memperkenalkan produk kamera mirrorless full-frame seri Alpha A9 Mark II, pada pekan ini. 

Rancangan keseluruhan Sony Alpha A9 Mark II ini dapat dikatakan masih mirip dengan generasi sebelumnya, Sony A9, generasi pertama. 

Namun terdapat beberapa peningkatan pada seri mirrorless yang satu ini karena memang kamera ini diperuntukan kepada fotografer professional terutama di bidang photo journalistic.

Sony Alpha 9 Mark IISony Alpha 9 Mark II. (Foto: Google)

Kamera terbaru Sony ini memfokuskan pada orientasi sport karena memang dirancang sedemikian rupa dengan mengutamakan kecepatan.

Sony juga menerapkan beberapa peningkatan dari seri sebelumnya. Peningkatan pada mirroless terbaru ini adalah weather sealing dan didukung dengan prosesor yang cukup tinggi.

Dari segi bentuk dan desain terdapat satu peningkatan yaitu terdapat pelindung anti debu, uap, dan embun. Pelindung ini akan memberikan kenyamanan bagi penggunanya di luar ruangan. 

Sony Alpha 9 Mark IISony Alpha 9 Mark II. (Foto: Google)

Pada bagian bodi juga menjadi lebih besar dari pendahulunya termasuk handgrip, joystick, dan tombol AF-On. Dengan berat keseluruhan mencapai 673 gram. 

Sony juga menambahkan pelindung yang lebih kuat di bagian penutup konektor dan baterai seperti halnya yang terdapat pada kamera Sony A7 Mark IV.

Hal yang paling menonjol dengan ditambahkannya sensor full frame baru setajam 24MP CMOS yang berlapis yang setiap lapisannya ditunjang dengan memori berkapasitas besar dan kemampuan baca tulis 20 kali lebih cepat dari sensor pada umumnya. 

Sony Alpha 9 Mark IISony Alpha 9 Mark II. (Foto: Google)

Pengguna akan dapat menangkap foto dengan kecepatan yang hebat hingga 20 foto per detik. Peningkatan sensor ini juga memberikan fitur untuk memotret tanpa menghasilkan suara dengan shutter speed mencapai 1/32000 detik

Kecanggihan kamera mirrorless ini juga terdapat pada prosessor yang digunakan, Bionz X. Dengan prosessor itu, A9 Mark II memiliki kemampuan subject tracking ditambah dengan kecepatan burst speed mencapai 10 frame per second (shutter mechanic). Namun apabila dengan shutter elektronik, kecepatan burst speed berada pada angka 20 frame per second tanpa blackout.

Sony Alpha 9 Mark IISony Alpha 9 Mark II. (Foto: Google)

Kemampuan video-nya pun kurang siginifikan perubahannya. Sony Alpha A9 Mark II masih dengan resolusi 4K 8-bit. Berperan sebagai kamera untuk professional, Soni Alpha A9 Mark II membutuhkan speed yang mumpuni. Oleh karena itu, Sony Alpha A9 Mark II dibekali konektivitas tinggi yaitu Gigabit Ethernet dan Wi-fi 802.11 ac 5 GHz. 

Sony berencana mulai memasarkan mirrorless Alpha 9 Mark II pada November 2019. Biaya yang harus disiapkan bagi para peminatnya sebesar 4.500 dolar AS atau sekitar Rp 65-70 juta body only. Walaupun harga yang tinggi tapi investasi yang bagus bagi para pencinta fotografi. []

Berita terkait
Televisi dan Kamera Jadul di Museum Penerangan
Museum Penerangan di Taman Mini Indonesia Indah menyimpan sejumlah barang teknologi berupa televisi dan kamera jadul alias kuno.
Foto: Huawei 5T, Ponsel Cerdas dengan Empat Kamera
Huawei Nova 5T merupakan ponsel cerdas terbaru dari Huawei yang memiliki empat kamera yang dipatok dengan harga Rp 6.899.000.
Fitur Mode Kamera 3D untuk Selfie di Snapchat
Fitur yang diberi nama 3D Camera Mode itu memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie dan menerapkan efek, lensa dan filter 3D di dalamnya.
0
Kabar WhatsApp Bisa Aktif di Dua Perangkat
WhatsApp tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan aplikasi berjalan di dua perangkat yang berbeda atau aktif bersamaanan.