Kalapas Kelas 1 Tangerang Jalani Pemeriksaan Sebagai Saksi

Polda Metro Jaya telah meminta keterangan dari 25 orang saksi terkait kebakaran Lapas Kelas I Tangerang.
Kondisi Lapas Klas 1 Tangerang setelah peristiwa kebalaran pada Rabu, 8 September 2021. (Foto: Tagar/ANTARA)

Jakarta - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihantono, memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan puluhan narapidana.

Victor tiba di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya pada Selasa, 14 September 2021 pagi, sekitar pukul 10.42 WIB. Namun, Victor tidak memberikan komentar apapun kepada wartawan dan langsung masuk ke Gedung Ditreskrimum.

Sejauh ini, Polda Metro Jaya telah meminta keterangan dari 25 orang saksi terkait kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, yang terjadi pada Rabu, 8 September 2021 dini hari

Polisi sudah meningkatkan kasus kebakaran tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan penyidik Polda Metro Jaya, telah memeriksa 25 orang saksi di dua tempat, yaitu di Polda Metro Jaya dan Polres Metro Kota Tangerang. 

"Di Polda Metro Jaya ada 12 orang yang diperiksa yaitu pegawai Lapas yang bertugas pada malam itu. Kita periksa dan BAP (berita acara pemeriksaan), kemudian ada tiga saksi dari PLN," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Senin, 13 September 2021

Yusri menjelaskan, untuk saksi yang diperiksa di Polres Metro Kota Tangerang terdiri atas tig.a petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang bertugas memadamkan api pada saat kejadian kebakaran dan tujuh warga binaan Lapas Tangerang. 

"Warga binaan dari blok C2 yang waktu itu mengetahui dan mengalami luka ringan. Petugas PLN yang bekerja di TKP (tempat kejadian perkara) dan petugas Damkar juga yang bekerja saat itu," katanya. []


Berita terkait
Menilik Lebih Jauh Lapas Kelas I Tangerang yang Kebakaran
Lapas kelas I Tangerang terbakar pada Rabu, 8 September 2021, yang menewaskan sebanyak 44 narapidana. Berikut gambarannya.
Korban Jiwa Akibat Kebakaran Lapas Tangerang Jadi 46 Orang
Korban mengalami trauma gejala napas karena cukup lama terkepung kobaran api di dalam sel.
Haru Jenazah Lapas Tangerang Diserahkan ke Pihak Keluarga
Jenazah Petra berhasil diidentifikasi berkat sample DNA dari ayah kandung almarhum yang didapat dari posko ante mortem di RS Polri Kramat Jati.
0
5 Mitos dan Fakta Soal Penggunaan Smartphone
Penggunaan smartphone yang dianggap salah sering kali bisa menimbulkan beberapa bahaya yang mengancam penggunanya.