UNTUK INDONESIA
Kalahkan Derby, Man United Lawan Norwich di Piala FA
Manchester United menjadi tim terakhir lolos ke perempat final Piala FA usai menang 3-0 atas Derby County. Man United hadapi Norwich di 8 Besar.
Manchester United menjadi tim terakhir lolos ke perempat final Piala FA usai menang 3-0 atas Derby County di Stadion Pride Park, Jumat, 6 Maret 2020 dini hari WIB. Man United hadapi Norwich City di 8 Besar. Tampak striker Man United Odion Ighalo (kanan) rayakan gol yang dicetaknya. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Manchester United menjadi tim terakhir yang lolos ke perempat final Piala FA. Man United melaju untuk menghadapi Norwich City setelah menang 3-0 atas Derby County di Stadion Pride Park, Jumat, 6 Maret 2020 dini hari WIB. 

Man United tampil dengan skuat yang berbeda saat menghadapi tim dari Divisi Championship ini. Manajer Ole Gunnar Solskjaer tidak menurunkan enam pemain yang tampil di pertandingan Liga Premier Inggris saat ditahan Everton 1-1, akhir pekan lalu.

Tak hanya itu, gelandang Juan Mata menjadi kapten tim menggantikan Harry Maguire yang cedera. Pemain yang belum ada satu musim bergabung dengan Man United namun sudah menjadi kapten ini mengalami cedera engkel saat latihan. Dia juga diragukan tampil di Manchester Derby di Old Trafford, Minggu, 15 Maret 2020. 

Pemain kian fit dengan mentalitas yang lebih baik setelah jeda kompetisi di musim dingin. Kami mendapat tambahan pemain dan bebas dari cedera

Sebaliknya, Derby diperkuat mantan bintang Man United, Wayne Rooney. Mantan striker tim nasional Inggris ini meraih sukses selama 13 tahun bersama The Red Devils. Rooney yang juga sempat bermain bersama Solskjaer telah mengoleksi 253 gol dalam kariernya yang luar biasa yang membawa Man United mendominasi Liga Inggris pada dekade lalu. 

Meski tidak menurunkan skuat terbaik, namun Man United masih terlalu kuat bagi Derby yang hanya menduduki peringkat 13 di kasta kedua ini. Bahkan ini merupakan pencapaian terbaik tim yang sudah 12 kali memenangi Piala FA tersebut selama ditangani Solskjaer.

Mereka tak terkalahkan selama 9 pertandingan di berbagai kompetisi. Termasuk menghajar Club Brugge 5-0 di Liga Europa dan bermain imbang lawan Everton yang seharusnya bisa dimenangkan bila kiper David de Gea tidak melakukan blunder.

Menurut Solskjaer keberhasilan Man United mempertahankan konsistensi tidak terlepas dengan pulihnya para pemain dari cedera. Saat ini hanya Marcus Rashford dan Paul Pogba yang berkutat dengan cedera. 

Man United pun sudah 'terbiasa' dengan ketidakhadiran Pogba sepanjang musim ini. Terutama setelah Solskjaer sukses memboyong Bruno Fernandes yang menunjukkan performa terbaik.   

Sebelum menjaga konsistensinya, Man United tercatat dua kali menelan kekalahan secara berturut-turut dari Liverpool dan Burnley dengan skor sama, 2-0 pada Januari 2020. Sejak itu, mereka tak terkalahkan.       

"Pemain kian fit dengan mentalitas yang lebih baik setelah jeda kompetisi di musim dingin. Kami mendapat tambahan pemain dan bebas dari cedera," kata Solskjaer seperti dikutip dari Evening Standard

"Kini, banyak pemain yang telah pulih dan seluruh tim sudah siap menjalani setiap pertandingan. Saya memiliki skuat yang besar. Bandingkan dengan musim lalu, berapa banyak pemain yang cedera hamstring dan kami tak bisa memainkan mereka," ujarnya. 

Man United Sempat Kesulitan Hadapi Rooney 

Di laga itu, Man United sempat kesulitan mengembangkan permainan. Rooney, meski sudah berusia 34, masih menunjukkan kekuatannya melakukan tekanan. Gaya bermain yang ditakuti bek lawan saat masih muda. Apalagi, Rooney tak pernah takut adu fisik karena kebiasaannya berlatih tinju. 

Derby vs Man UnitedStriker Derby County Wayne Rooney melepaskan tendangan bebas di pertandingan Piala FA melawan eks klubnya, Manchester United, di Stadion Pride Park, Jumat, 6 Maret 2020 dini hari WIB. Man United menang 3-0 di laga itu untuk menghadapi Norwich City di perempat final. (Foto: standard.co.uk)

Peluang bagus diperoleh Rooney yang melejit di Piala Eropa 2004 saat Derby mendapat tendangan bebas di luar kotak penalti. Namun sepakannya digagalkan kiper Sergio Romero. 

Man United yang memang unggul kualitas akhirnya mulai bangkit dan menekan tuan rumah. Tercatat Fernandes dan Jesse Lingard mendapat peluang namun gagal membuahkan gol. 

Usaha keras pasukan merah akhirnya memberi hasil saat Luke Shaw mencetak gol di menit 33. Tendangan voli dari bek berusia 24 ini melambung dan gagal dijangkau kiper Kelle Roos.

Unggul 1-0 membuat Man United mulai enjoy sehingga mampu menguasai permainan. Serangan mereka membuat Derby tertekan. 

Man United kemudian memperbesar keunggulannya melalui striker Odion Ighalo menjelang akhir babak pertama. Gol tercipta setelah striker asal Kamerun ini menyambut umpan dari Shaw. Dirinya sempat melewati dua bek lawan sebelum melepaskan tendangan ke sudut gawang.

Selanjutnya, Ighalo kembali mencetak gol di babak kedua. Dirinya menuntaskan umpan dari Mata di menit 70. Ini merupakan gol ketiga dari Ighalo selama tiga laga yang dijalaninya bersama Man United. Skor 3-0 untuk Man United bertahan sampai akhir pertandingan. []

Baca juga: 

Berita terkait
Man United Vs Watford, Fernandes Bawa ke Posisi 5
Bruno Fernandes mencetak gol pertama bagi Manchester United sekaligus membawa tim menang 3-0 atas Watford. Mereka pun naik ke posisi 5.
Jadon Sancho Untung Jika Pindah ke Man United
Pemain sayap Borussia Dortmund Jadon Sancho disarankan bergabung dengan Manchester United. Man United juga didesak merekrut Sancho.
Chelsea Vs Man United, Rekor Kalahkan Lampard
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mencatat rekor tiga kemenangan atas Frank Lampard saat timnya mengalahkan Chelsea.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.