UNTUK INDONESIA

KAI Sudah Buka Pemesanan Tiket Libur Natal dan Tahun Baru

KAI mengumumkan tiket kereta api jarak jauh untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sudah dapat dipesan.
PT KAI Daop 4 Semarang menambah layanan perjalanan kereta api jarak jauh di libur long weekend dan cuti bersama akhir Oktober ini. (Foto: Tagar/Humas KAI)

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan tiket kereta api jarak jauh untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sudah dapat dipesan.

Pemesanan tiket bisa melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, maupun kanal penjualan resmi yang lain.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2020, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus melalui pernyataan tertulisnya yang diterima Tagar, Selasa, 24 November 2020.

Ini dilakukan untuk menciptakan jaga jarak fisik sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 Tahun 2020.

Tiket yang sudah dapat dipesan di antaranya KA Taksaka tujuan Yogyakarta-Gambir, KA Gajayana tujuan Malang-Gambir, dan KA Senja Utama Solo tujuan Solo Balapan-Pasar Senen. Selanjutnya KA Argo Parahyangan tujuan Bandung-Gambir, dan KA Mutiara Selatan tujuan Surabaya Gubeng-Bandung.

Baca juga:

Joni berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan kereta api sebagai angkutan perjalan musim libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Ia memastikan KAI menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu, mulai dari sejak di stasiun, di atas kereta api, serta selama dalam perjalanan.

"Konsistensi KAI dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya Safe Guard Label SIBV yang sudah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli," ujarnya.

Ia mengatakan KAI tetap berkomitmen menjual tiket kereta api hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. "Ini dilakukan untuk menciptakan jaga jarak fisik sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 Tahun 2020," ujarnya.

Selain itu, di antaranya, pelanggan kereta api jarak jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat atau terbebas dari flu, pilek, batuk, demam, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang, atau jaket.

Berita terkait
5 Tempat Wisata Hits di Surabaya, Ada Resto di Kapal Pesiar
Selain mall dan monumen militer, Surabaya menyimpan banyak destinasi wisata yang tak kalah hits lho.
Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Anyer Banten
Provinsi Banten memiliki banyak destinasi wisata menarik. Seperti di Anyer berjejer keindahan alam berupa pantai yang cantik.
3 Tempat Wisata di Cirebon, Hotspot Pemudik Jalur Pantura
Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.
0
Bobby Nasution Dianugerahi Warga Kehormatan Tako Indonesia
Bobby Nasution dianugerahi sebagai warga kehormatan Tako Indonesia. Penganugerahan ini ditandai dengan memakaikan baju Karate oleh ketua PB Tako.