UNTUK INDONESIA

3 Tempat Wisata di Cirebon, Hotspot Pemudik Jalur Pantura

Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.
Pantai Kejawan, Cirebon. (Foto: Instagram/gunung_ciremai)

Jakarta - Daftar itinerary Anda ketika melakukan perjalanan bisnis salah satunya mengunjungi tempat wisata. Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.

Kota yang kerap dilintasi pemudik ini bisa dijadikan tumpuan berwisata untuk Anda yang mulai jenuh dengan pemandangan jalan tol, dan rasa bosan akibat lamanya waktu perjalanan darat.

Sembari refreshing menempuh perjalanan di jalur yang menghubungkan kota-kota besar seperti Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya, Tagar informasikan 3 tempat wisata di Cirebon yang patut dikunjungi. Simak berikut ini ya!

1. Gua Sunyaragi

Gua yang berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kosambi ini merupakan salah satu cagar budaya Kota Cirebon. Dahulu, gua Sunyaragi didirikan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Gua ini merupakan salah satu bagian dari Keraton Pakungwati yang sekarang bernama keraton Kasepuhan. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp 10 ribu, Anda dapat mengunjungi gua seluas 15 hektar ini.

Gua Sunyaragi di CirebonGua Sunyaragi di Cirebon. (Foto: Instagram/bucket_of_holiday)

2. Telaga Nilem

Kawasan yang terletak di kaki Gunung Cermai, Jawa Barat ini dikenal dengan Telaga Nilem atau Telaga Nilam. Bagi yang gemar berfoto di dalam air, tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan.

Telaga Nilam favorit para wisatawan, karena airnya yang dikenal jernih dan biru. Dengan ketinggian sekitar 2,5 - 3 meter, telaga ini memiliki sumber air langsung dari mata air pegunungan. Tiket masuk lokasi wisata berkisar sekitar Rp 15 ribu per orang.

Telaga NilemTelaga Nilem di Cirebon. (Foto: Instagram/dipasatrjo)

3. Pantai Kejawan

Dari banyaknya wisata air yang ada di Cirebon, Pantai Kejawan menjadi salah satu tempat terbaik menikmati sunset sambil melepas lelah dalam perjalanan.

Tidak hanya menikmati sunset, para pengujung dapat mengelilingi pantai dengan perahu motor milik nelayan. Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Kejawan, patokannya berada di dekat Pelabuhan Cirebon. (Viona Bono Valvinka) 

Pantai Kejawan di CirebonPantai Kejawan, Cirebon. (Foto: Instagram/gunung_ciremai)

Berita terkait
Yuk, Simak 3 Ide Berkelanjutan Traveling ke Anyer Banten
Provinsi Banten memiliki banyak destinasi wisata menarik. Seperti di Anyer berjejer keindahan alam berupa pantai yang cantik.
One Day Trip ke Bekasi, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Berada di luar tata surya, begitu netizen bergurau tentang Bekasi. Namun ternyata, daerah ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik.
One Day Trip ke Tangerang Selatan, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Tangerang Selatan menyimpan banyak ragam wisata yang bisa dikunjungi, termasuk untuk para traveler yang ingin one day trip.
0
3 Tempat Wisata di Cirebon, Hotspot Pemudik Jalur Pantura
Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.