UNTUK INDONESIA
Jokowi Teken Perpres Perlindungan Hak Anak Korban
Presiden Jokowi, resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2020 tentang hak anak korban dan anak saksi korban tindak pidana.
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 27 Juli 2020 (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Hak Anak Korban dan Anak Saksi pada 6 Juli 2020.

Juru Bicara Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono menyatakan dalam Perpres No. 75/2020, Presiden Jokowi menegaskan kembali bahwa setiap anak Indonesia, khususnya anak yang menjadi korban tindak pidana akan memiliki perlindungan.

Jaminan keselamatan, baik fisik, mental, maupun sosial, dan kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkara.

"Anak korban dan anak yang menjadi saksi tindak pidana (anak saksi) berhak atas pemenuhan hak dan rasa aman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," kata Dini dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca juga: Jokowi Kalkulasi APBN 2021 Hadapi Tantangan Global

Dini Shanti PurwonoStaf khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono di Sekretariat Kabinet, Jumat, 21 Februari 2020. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Diketahui Perpres tersebut merupakan amanat langsung dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Lebih lanjut, Dini menjelaskan perlindungan terhadap anak korban dan anak saksi meliputi beberapa hal. Pertama, upaya rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial, baik di dalam lembaga maupun di luar lembaga.

"Jaminan keselamatan, baik fisik, mental, maupun sosial, dan kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkara," ujar Dini.

Baca juga: Jokowi Khawatirkan Dampak Covid-19 Bagi Geopolitik

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini juga menyebut, anak dalam konteks ini juga bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan perkara.

"Dengan Perpres No. 75/2020, Presiden (Jokowi) menjamin kehadiran negara dengan menjamin keselamatan Anak Korban dan Anak Saksi dengan melindungi keamanan pribadi, keluarga, dan/atau harta bendanya," ucap Dini Purwono. []

Berita terkait
Djoko Tjandra Kabur, ICW Desak Jokowi Evaluasi BIN
ICW mendesak Presiden Jokowi mengevaluasi kerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan karena tak mampu melacak keberadaan Djoko Tjandra.
Jokowi: Pemulihan Ekonomi RI Tercepat Setelah China
Presiden Jokowi mengatakan Indonesia diproyeksikan masuk dalam kelompok negara dengan pemulihan ekonomi tercepat, setelah China
Terbelenggu Aturan, Jokowi: Semua Harus Kita Rombak
Jokowi ingin Indonesia menjadi pemenang dalam merebut kesempatan di balik terpuruknya ekonomi dunia. Caranya, kata dia, kerja cepat.
0
Jokowi Teken Perpres Perlindungan Hak Anak Korban
Presiden Jokowi, resmi meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2020 tentang hak anak korban dan anak saksi korban tindak pidana.