UNTUK INDONESIA
Jokowi Tegaskan Bakal Copot Menteri Kerja Lambat
Presiden Jokowi menegaskan akan mencopot menterinya jika tidak beradaptasi dan bekerja lampat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membagikan 41 SK pengelolaan lahan hutan di Riau. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mencopot menterinya jika tidak beradaptasi dan bekerja lampat dalam memimpin kementrian terkait. Hal itu diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman.

Fadjroel menyebutkan Jokowi mengatakan hal itu ketika pegiat media sosial bersilaturahmi dengan kepala negara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Februari 2020.

"Kalau terus (tidak dapat beradaptasi) , pasti saya ganti," kata Fadjroel Rachman lewat keterangan tertulis, Minggu, 23 Februari 2020.

Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak.

Soal isu yang berembus terkait bakal ada perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju, Fadjroel membantahnya. Dia mengatakan Jokowi meminta agar jajaran menterinya diberi kesempatan untuk beradaptasi guna fokus kepada kementrian-kementrian masing-masing.

"Menjawab pertanyaan tentang kinerja menteri, Presiden Joko Widodo menyatakan, 'Apa-apa perlu penyesuaian. Ada yang cepat beradaptasi, ada yang tidak. Mohon sedikit dimaafkan dulu'," ujar Fadjroel.

Salah satu yang menjadi catatan penting Jokowi, kata Fadjroel, adalah mewujudkan tercapainya Indonesiasentris atau pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia dengan prioritas Panca Kerja Kabinet Indonesia Maju.

Preferensi itu, kata Fadjroel, dengan mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan penyederhanaan birokrasi. Kemudian transformasi ekonomi modern bernilai tambah yang berpihak pada kemajuan lingkungan hidup dan kehidupan sosial budaya serta berkemajuan secara efektif dan efisien. []

Berita terkait
Jokowi Pilih Menterinya Dimaafkan Daripada Reshuffle
Presiden Jokowi meminta jajaran menterinya dimaafkan daripada adanya reshuffle Kabinet Indonesia Maju.
Rakyat Tak Suka Jokowi-Ma'ruf Cabut Subsidi Listrik
Lembaga survei PRC dan PPI menunjukkan masyarakat tidak suka rencana pencabutan subsidi listrik dan LPG oleh pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.
Banjir Jakarta Wantimpres Jokowi Bela Anies Baswedan
Anggota Wantimpres Jokowi membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penanganan banjir di Ibu Kota.
0
Perusahaan di Jabar Pastikan Karyawan Bebas Covid-19
Pemprov Jabar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan pengawasan dan inspeksi baik sebelum dan setelah PSBB diberlakukan