UNTUK INDONESIA
Banjir Jakarta Wantimpres Jokowi Bela Anies Baswedan
Anggota Wantimpres Jokowi membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penanganan banjir di Ibu Kota.
Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dato Sri Tahir (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) usai menghadiri acara Jak Preneur di Balai Kota Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020. (Foto: Tagar/Edy)

Jakarta - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dato Sri Tahir membela Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penanganan banjir di Ibu Kota. Tahir berpihak ke Anies menyusul rilis lembaga survei Indo Barometer yang mengunggulkan dua gubernur sebelumnya dibandingkan Anies dalam masalah banjir.

"Penanganan banjir di Jakarta di bawah Gubernur Jakarta, Pak Anies, saya kira tidak kalah dari gubernur-gubernur sebelumnya," kata Wantimpres Tahir dalam sambutannya di acara Jak Preneur yang dihadiri Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020.

Pas baca di media sosial bahwa Gubernur DKI Jakarta tidak baik dalam menangani banjir. I think is wrong.

Pendiri Mayapada Grup ini mengaku mengetahui melalui media sosial terkait informasi Anies dipojokkan dalam penanganan banjir. Dia menepis pendapat itu dan mengapresiasi kerja Anies. "Saya agak surprise, agak lain dengan yang pas baca di media sosial bahwa Gubernur DKI Jakarta tidak baik dalam menangani banjir. I think is wrong," kata pengusaha berusia 67 tahun ini.

Pulogadung BanjirPengendara mendorong mobilnya yang mogok karena menerobos banjir di Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu, 23 Februari 2020. (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

Dia mengaku sempat diberikan penjelasan dari Anies soal penanganan banjir di Jakarta. Salah satunya mengenai tingkat masa surut genangan air banjir di masa Anies. "Ternyata masa surutnya banjir jauh lebih cepat," katanya.

Menurut survei Indo Barometer, sebagian besar respondennya menilai Ahok lebih baik menangani banjir dibandingkan Anies dan mantan gubernur DKI Jokowi. Apresiasi positif dari responden itu diraih Ahok sebanyak 42 persen, Jokowi 25 persen, Anies 4,1 persen. Adapun 28,9 persen lainnya tidak menjawab atau mengaku tidak tahu.

"Gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama sebesar 42 persen," ujar Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari, Jakarta, Minggu, 16 Februari 2020.

Sementara dalam penanganan macet, Ahok kembali unggul dengan angka 35,3 persen. Sedangkan Anies Baswedan mendapatkan 8,3 persen.

Survei ini digelar di 34 provinsi pada 9 sampai 15 Januari 2020 dengan klaim tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Indo Barometer melakukan survei dengan bertanya acak kepada 1.200 orang secara tatap muka menggunakan kuesioner. Rata-rata responden survei ini berusia minimal 17 tahun atau telah menikah, dan berstatus warga negara Indonesia (WNI). []

Berita terkait
RSCM Terendam Banjir Jakarta, Berapa Total Kerugian?
RSCM terkena dampak banjir setelah hujan lebat turun di Jakarta. Akibatnya fasilitas ikut terendam. Lantas berapa total kerugian?
Banjir Jakarta, Dinding Terowongan Tol Cawang Ambruk
Dinding saluran di underpass (terowongan) Tol Cawang, Jakarta Timur ambruk akibat terendam banjir pada Minggu, 23 Februari 2020.
Jakarta Banjir Lagi, Pemotor Boleh Lewat Jalan Tol?
Curah hujan tinggi di Jakarta membuat pemotor kebingungan apakah boleh melewati jalan tol di Ibu Kota.
0
Riwayat Kesehatan Bayi Suspek Covid-19 di RSUP Medan
Bayi berusia 40 tahun, suspek Covid-19 di RSUP Haji Adam Malik Medan, sejak lahir ternyata mengalami gangguan pernapasan.