Jokowi: Saya Tidak Berminat Jadi Presiden 3 Periode

Presiden Joko Widodo menampik tudingan yang menyebutnya menginginkan tambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. (Foto: Instagram?jokowi)

Jakarta - Presiden Joko Widodo menampik tudingan yang menyebutnya menginginkan tambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Hal itu disampaikan melalui video virtual pada Senin, 15 Maret 2021.

Dalam bantahannya, Jokowi mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah berfokus menyelesaikan persoalan pandemi, sehingga ia meminta tak ada pihak yang menimbulkan kegaduhan baru dengan menggulirkan isu tersebut.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi Presiden 3 Periode," kata Jokowi dalam pernyataannya lewat sebuah video, dikutip Tagar, pada Senin, 15 Maret 2021.

"Konstitusi mengamanahkan dua periode, itu yang harus kita jaga bersama-sama," ujar dia.

jokowi ruangPresiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada Rakernas XVII Hipmi Tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 5 Maret 2021 (Foto: presidenri.go.id - BPMI Setpres/Lukas)

Sebelumnya, Juru Bicara Istana Negara, Fadjroel Rachman, mengatakan Presiden Jokowi tegak lurus dengan aturan hukum, konstitusi UUD 1945, bahwa masa jabatan presiden maksimal dua periode.

Fadjroel menyampaikan ini dalam siaran pers, Minggu, 14 Maret 2021, untuk menjawab tudingan politikus Amien Rais yang mengatakan rezim sekarang ada gelagat memaksakan pasal dalam aturan hukum agar masa jabatan presiden dua periode diperpanjang menjadi tiga periode.

"Presiden tegak lurus konstitusi UUD 1945, masa jabatan presiden dua periode," kata Fadjroel Rachman.

Isu dan polemik mengenai dugaan adanya rencana revisi Undang-Undang mengenai masa jabatan presiden bergulir menyusul pernyataan politikus mantan Ketua Partai Amanat Nasional Amien Rais di kanal YouTube Amien Rais Official, Sabtu, 13 Maret 2021.

Dalam pernyataannya, ia melontarkan dugaan Presiden Jokowi akan meminta kepada MPR mengubah pasal masa jabatan presiden dua periode menjadi tiga periode. []

Berita terkait
Mahfud MD Rela Disebut The Wrong Man for The Wrong Job oleh Amien Rais
Mahfud MD rela disebut the wrong man for the wrong job oleh Amien Rais. Mahfud tidak mau repot-repot membela diri. Terserah Amien Rais bilang apa.
Amien Rais Sebut Moeldoko Berani Karena Kedipan 'Lurah'
Amien Rais mengatakan Moeldoko tidak akan seberani itu mengkudeta Partai Demokrat tanpa kedipan lurah. Amien tidak menjelaskan siapa lurah.
6 Laskar FPI Tewas, Amien Rais Ingatkan Siksa Neraka ke Jokowi
Anggota TP3 enam laskar FPI, Amien Rais, mengingatkan soal ancaman siksa neraka saat melakukan audiensi dengan Presiden Jokowi.
0
Efek Lockdown Malaysia, Honda dan Toyota Tangguhkan Produksi
Honda dan Toyota menanguhkan produksi kendaraan mereka di Malaysia, setelah negara tersebut me-lockdown wilayahnya 2 Pekan akibat pandemi Covid-19.