Jokowi Kirim Bantuan untuk Banjir di Luwu Utara

Jokowi mengirimkan 10 ribu paket bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Kamis, 9 Juli 2020 (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyaluran bantuan dilakukan melalui tim dari Sekretariat Presiden bersama Paspampres di posko penanganan darurat bencana alam di Kecamatan Baebunta, Luwu Utara.

Sebanyak 3.000 paket sembako bantuan Presiden secara simbolis diserahkan kepada Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

"Sebanyak 3.000 paket sembako bantuan Presiden secara simbolis diserahkan kepada Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Turut hadir pula Ketua DPRD Luwu Utara Basir dan Komandan Korem 142/Taroada Tarogau Brigjen TNI Firman Dahlan," dalam pernyataan tertulis yang diterima Tagar, Rabu, 22 Juli 2020.

Baca juga: Unhas Sumbang Satu Ton Bakso untuk Korban Banjir Lutra

Seluruh bantuan sembako yang dikirimkan berjumlah 10.000 paket. Tiap paket bantuan sembako terdiri atas beras sebanyak 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula 1 kilogram, dan teh celup 1 kotak.

Selain paket sembako, Jokowi juga memberikan 900 paket bantuan yang terdiri atas selimut, sarung, susu balita, handuk dewasa, dan popok balita.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan jajarannya untuk turun menangani dampak banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Jokowi Bubarkan 18 Lembaga, Besarkah Penghematannya?

Diketahui, curah hujan tinggi pada hari Senin, 13 Juli 2020 menyebabkan banjir bandang dari hulu sungai ke Kecamatan Masamba yang mengakibatkan kerusakan rumah-rumah dan fasilitas publik serta tertutupnya akses jalan ke wilayah tersebut.

"Dari Jakarta saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk segera turun ke Luwu Utara bekerja sama dengan pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas, dan BPBD setempat melakukan upaya penanganan darurat dan segera memulihkan kondisi Masamba," kata Jokowi dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @jokowi, Jumat, 17 Juli 2020. []

Berita terkait
Cerita Luhut Pandjaitan saat Dikritik Presiden Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan kinerjanya dikritik Presiden Jokowi.
Beri Bantuan Modal, Jokowi: Jangan Beli HP dan Pulsa
Presiden Jokowi meminta bantuan modal kerja darurat yang diberikan pemerintah jangan disalahgunakan para pelaku usaha membeli pulsa dan handphone.
Denny Siregar: Jokowi Tergoda Dinasti Politik?
Kekuasaan itu menggoda, bahkan seorang Jokowi bisa berbuat apa saja untuk melanggengkan kekuasaan, begitu kata seseorang. Denny Siregar.
0
Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila
Mensos minta semua teman-teman di lingkungan Kemensos menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka bisa merugikan negara.