UNTUK INDONESIA
Jokowi Ingin BUMN Dirombak Total
Presiden Joko Widodo ingin BUMN dirombak total. Ia menyerahkan perbaikan tersebut kepada Menteri BUMN Erick Thohir.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan petikan keputusan kepada calon Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dalam rangkaian acara pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dirombak total. Ia menyerahkan perbaikan tersebut kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Jokowi ingin Erick Thohir dapat memaksimalkan kebijakan yang baik.

"Yang jelas saya ingin pengelolaan di BUMN diperbaiki, baik perombakan total, maupun manajemen yang ada. Semua aset yang dimiliki BUMN harus produktif, jangan sampai ada aset yang tidak produktif, sehingga mengurangi produktivitas yang ada di manajemen yang ada," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 November 2019.

Namun Jokowi mengatakan urusan perombakan itu, apalagi yang berkaitan dengan teknis, bisa ditanyakan ke Erick Thohir langsung. 

Jokowi mengatakan, jika selama ini pengelolaan dalam tubuh BUMN dianggap tidak baik, maka menurutnya tugas Erick Thohir untuk membenahi itu semua sebagai Menteri BUMN.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara, mendukung langkah Erick Thohir membersihkan Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN dari sisa-sisa rezim Menteri BUMN sebelumnya.

"Karena banyak yang ugal-ugalan dan indikator kinerjanya tidak bagus," ujar Bhima di Jakarta, Kamis, 21 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Bhima mengatakan keputusan Erick untuk melakukan perampingan, pembersihan, penggantian deputi, hingga pembentukan inspektorat jenderal perlu dibarengi juga dengan perbaikan kinerja.

Diketahui Menteri BUMN Erick Thohir resmi merombak pejabat eselon I Kementerian BUMN sebagai bagian menjalankan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk penciptaan birokrasi yang efektif dan efisien.

Pejabat eselon I itu kemudian ditempatkan kembali sebagai direksi di sejumlah perusahaan BUMN, yang pengangkatannya efektif mulai 18 November 2019. []

Berita terkait
Erick Thohir dan Tugas Baru 3 Deputi Kementrian BUMN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perubahan atau perampingan struktur organisasi di kementerian BUMN.
Rombak BUMN, Said Didu: Erick Thohir Cuci Piring
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengatakan saat ini Menteri BUMN Erick Thohir tengah mencuci piring di BUMN.
Said Didu Sebut Susi dan Jonan Pantas Jadi Bos BUMN
Tiga eks menteri Jokowi yaitu Susi Pudjiastuti, Ignasius Jonan, hingga Rudiantara dikabarkan akan menjadi bos Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
0
Maruli Simanjuntak, Danpaspampres Berbagi Sembako di Tempat Lahir
Maruli Simanjuntak, Komandan Paspampres, penjaga Presiden Jokowi, membagikan 1.000 paket sembako di tanah kelahiran di Bandung, Jawa Barat.