UNTUK INDONESIA
Johny Indo Wafat Jauh dari Perilaku Pachinko
Artis Indonesia yang dahulu tersohor lantaran tergabung dalam kelompok Pachinko Johny Indo wafat.
Johny Indo, artis Indonesia yang dahulu tersohor lantaran tergabung dalam kelompok perampok toko emas Pachinko (Pasukan China Kota) meninggal dunia. (Foto: YouTube/Trans7Official)

Jakarta - Kabar duka datang dari Johny Indo. Artis Indonesia yang dahulu tersohor lantaran tergabung dalam kelompok perampok toko emas Pachinko (Pasukan China Kota) di era-70an ini wafat di usia 72 tahun.

Berita duka itu diutarakan cucu Johny Indo, Santa. Pria bernama Johanes Hubertus Eijkenboom itu meninggal Minggu pagi 26 Januari 2020. "Meninggal pada hari ini pukul 07.42," kata Santa kepada Tagar pada Minggu, 26 Januari 2020.

Johny Indo menghembuskan napas terakhir setelah mengalami sakit-sakitan di usia senja. Setelah operasi hernia, sosok yang pindah agama ke Islam dan memiliki nama Umar Billah ini memiliki kondisi kesehatan tidak stabil.

"Sempat sakit-sakit dan menjalani operasi hernia, dari situ enggak bisa bangun sakit," katanya.

Masa lalu Johny Indo kelam. Dia bersama Pachinko sempat melakukan perampokan toko emas berkali-kali. Yang tersohor, ketika merampok toko emas pada siang bolong di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979.

Namun, yang menjadi catatan. Setelah melakukan perampokan Johny Indo tak hanya menikmati hasil curian bersama kelompoknya. Dia membagikan sejumlah hasilnya kepada masyarakat tak mampu. Sebab itu dia mengantongi julukan Robon Hood Indonesia kala itu.

Menjadi orang paling dicari polisi karena aksinya, Johny Indo akhirnya ditangkap setelah kelompoknya Pachinko dibekuk. Atas perilakunya dia dijatuhi hukuman 14 tahun penjara di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Tiga bulan di pesakitan, Johny Indo dan kelompoknya yang berjumlah 34 orang lari dari penjara. Namun, pelariannya itu tak bertahan lama. Selama 13 hari hidup tak menentu, Johny Indo dan kelompoknya diringkus kembali.

Di era 80-an akhir, Johny Indo yang mulai bangkit dari jurang hitam diajak main film. Sejumlah film pernah diperankannya, salah satunya ketika membintangi dirinya sendiri dalam film yang mengisahkan kejahatannya.

Di akhir hidupnya, Johny Indo bertaubat. Dia menjadi mualaf dan berkepribadian santun serta lembut. Kesibukannya diisi dengan dakwah jauh dari perilaku ketika di Pachinko. Dalam beberapa dakwahnya, dia menceritakan kisahnya kepada masyarakat agar tidak ikut terjerumus dalam dunia hitam. []

Berita terkait
Jemaah Umrah Makassar Meninggal di Bandara
Salah seorang jemaah umrah asal Makassar meninggal dunia usai tiba di Bandara Internasional Sultah Hasanuddin Makassar. Ini kronologinya.
Agnez Mo Shio Macan, Diramal Jomblo Sepanjang 2020
Menurut kalender China Agnez Mo bershio macan dan diramal menjoblo sepanjang tahun 2020.
Artis Tik Tok Diciduk Satpol PP di Jakarta Barat
Seorang remaja yang dikenal sebagai selebriti atau artis di aplikasi Tik Tok diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat.
0
Main Layang-layang, Pemain Brasil Tewas Kesetrum
Pemain lokal Brasil, Kaio Felipe Santos Silva, mengalami nasib tragis. Dia meninggal karena kesetrum listrik saat bermain layang-layang.