Jhoni Allen Marbun Anggota DPR Dipecat Agus Yudhoyono

Jhoni Allen Marbun anggota DPR Fraksi Partai Demokrat dipecat Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono. Jhoni tak terima, menggugat AHY Rp 55,8 miliar.
Jhoni Allen Marbun, anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, dipecat Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: Tagar/Pos Kota)

Jakarta - Jhoni Allen Marbun adalah anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, pendukung Kongres Luar Biasa Deli Serdang yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Karena pilihannya itu, Jhoni dipecat oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Kubu AHY menganggap Jhoni bukan lagi kader atau anggota DPR dari Fraksi Demokrat 

Jhoni tidak terima dipecat AHY, menggugat AHY dan kawan-kawan yang terlibat pemecatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan tuntutan ganti rugi Rp 55,8 miliar. Dalam surat gugatannya, Jhoni mengatakan akan menyumbangkan uang ganti rugi Rp 50 miliar ke panti asuhan. Jhoni memohon kepada majelis hakim menyatakan tidak sah pemecatan dirinya dari partai.

Tertulis dalam surat gugatan Jhoni: "Menghukum tergugat I, II, dan tergugat III secara tanggung renteng untuk membayar ganti rugi materiil sebesar Rp 5,8 miliar dan ganti rugi imateriil Rp 50 miliar yang akan disumbangkan kepada panti sosial yang membutuhkan." Suara.com.

Keterangan tentang pemecatan Jhoni tertuang dalam surat nomor 01/SK/DKPD/II/2021 tertanggal 2 Februari 2021 tentang Rekomendasi Penjatuhan Sanksi Pemberhentian Tetap Sebagai Anggota Partai Demokrat kepada Saudara drh Jhoni Allen Marbun, MM.

Slamet Hasan, pengacara Jhoni Allen, mengatakan pihaknya menggugat tiga orang dalam perkara ini, yaitu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Jhoni Allen Marbun dipecat dari keanggotaan DPR, kata Slamet, "Potensi kerugian materiilnya adalah gaji anggota DPR selama 60 bulan, kira-kira sekitar Rp 5,8 miliar. Dan kerugian imateriil adalah kehormatan Pak Jhoni Allen yang direndahkan hak politiknya yang nilainya sekitar 40 sampai 50 miliar rupiah."

Sidang perdana gugatan Jhoni Allen kepada AHY dan kawan-kawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, rencana digelar Rabu, 17 Maret 2021, ditunda karena AHY dan kawan-kawan tidak hadir. Sidang berikutnya diagendakan Rabu, 24 Maret 2021.




Tanggapan Kubu AHY

Herzaky Mahendra Putra, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat kubu AHY, sudah tidak menganggap Jhoni Allen Marbun sebagai anggota DPR. Ia memprotes kehadiran Jhoni dalam rapat di DPR. "Secara moral dan etika, karena sudah diberhentikan tetap dari keanggotaan Partai Demokrat, seharusnya Jhony Allen dalam kondisi status quo, dan tidak hadir. Hanya, secara hukum, dokter hewan Jhony Allen masih punya hak."

Fraksi Demokrat di DPR, kata Herzaky, telah mengirim surat kepada pimpinan DPR perihal pemberhentian Jhoni Allen, tinggal menunggu keputusan Presiden Jokowi memberhentikan Jhoni Allen Marbun dari DPR atas permintaan Fraksi Demokrat.

"Mengingat dokter hewan Jhony Allen masih menggugat pemecatannya di pengadilan, masih ada waktu selama maksimal 60 hari sebelum diberhentikan dari DPR RI. Setelah itu, masih ada waktu maksimal 30 hari selama proses kasasi," ujar Herzaky. 

Jhoni Allen alumnus Institut Pertanian Bogor dengan gelar dokter hewan. Sebelum terjun ke dunia politik, Jhoni Allen pernah bekerja di Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Partai Demokrat dalam situasi kisruh, anggotanya terbelah dua kubu, sebagian dalam kelompok kepengurusan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, sebagian lagi tergabung dalam kelompok Ketua Umum Moeldoko hasil Kongres Luar Biasa Deli Serdang.



Berita terkait
Pengakuan Kader Kubu AHY Dibujuk Iming-iming Kubu Moeldoko
Seorang kader Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono mengaku dirinya dibujuk rayu kubu Moeldoko untuk membelot dengan beberapa iming-iming.
Kubu AHY Umumkan Kantor Demokrat di Jalan Proklamasi yang Sah
Kubu AHY mengumumkan kantor pusat Partai Demokrat di Jalan Proklamasi Jakarta yang sah, bukan kantor kelompok Moeldoko di Jalan Pemuda Rawamangun.
AHY Vs Kader Kubu Moeldoko, Sidang Perdana di PN Jakpus 17 Maret 2021
Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY harus menghadapi sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat 17 Maret 2021, melawan kader yang dipecatnya.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.