UNTUK INDONESIA
Jessica Iskandar Idap Penyakit Takikardia, Apa itu?
Pesohor Jessica Iskandar atau Jedar didiagnosis mengidap penyakit Takikardia. Apa itu?
Jessica Iskandar. (Foto: Instagram/inijedar)

Jakarta - Pesohor Jessica Iskandar atau Jedar didiagnosis mengidap penyakit takikardia. Tak hanya itu, ia juga diduga mengalami aritmia pada jantungnya. Dalam pemeriksaan, detak jantung Jedar terdeteksi mencapai angka 124. Padahal, saat itu kondisinya sedang dalam normal atau tidak melakukan aktivitas fisik berat.

Hal itu terungkap lewat video yang diunggah Jessica Iskandar di saluran YouTube miliknya. Selanjutnya, ia pun diminta menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium. Apabila penyakit-penyakit tersebut ada di dalam tubuhnya, maka Jedar harus melakukan ditangani secara medis lebih lanjut.

Takikardia adalah kondisi saat jantung seseorang berdetak lebih cepat dari keadaan normal. Aktor Richard Kyle, calon suami Jedar yang ikut mengantar pemeriksaan menduga Jedar ikurang berolahraga.

"Itu gara-gara apa, dok?" tanya Jedar, seperti dikutip Tagar dari channel YouTube Jessica Iskandar, Selasa, 23 Juni 2020.

Jessica IskandarJessica Iskandar. (Foto: Instagram/inijedar)

Dilansir dari laman alodokter.com, Takikardia adalah keadaan di mana detak jantung melebihi 100 kali per menit. Dalam keadaan normal, jantung berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali per menit.

Kondisi percepatan detak jantung tersebut normal terjadi saat seseorang sedang berolahraga, atau merupakan respon tubuh terhadap stress, trauma, serta penyakit. Keadaan ini disebut sinus takikardia.

Detak jantung diatur oleh sinyal listrik yang dikirim melalui jaringan jantung. Takikardia dapat dikatakan abnormal ketika serambi atau bilik jantung berdetak lebih cepat, walaupun saat sedang beristirahat.

Terdapat beberapa jenis takikardia yang abnormal berdasarkan tempat dan penyebabnya, yaitu takikardia pada serambi atau atrium (fibrilasi atrium dan atrial flutter), serta takikardia pada bilik jantung atau ventrikel (takikardia ventrikel dan supaventrikular).

Untuk takikardia yang abnormal ini, seringkali juga tidak menimbulkan gejala atau komplikasi. Tapi jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini dapat mengganggu fungsi jantung sehingga memicu komplikasi serius, seperti gagal jantung

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun yang Diderita Ashanty

Penyebab gangguan tersebut beberapa di antaranya yakni mengalami kondisi medis anemia, hipertiroidisme, hipertensi atau hipotensi, demam, melakukan olahraga berat, gangguan elektrolit, kebiasaan merokok, atau mengonsumsi kafein. []

Berita terkait
Justin Bieber Umumkan Idap Penyakit Lyme Disease
Penyanyi Justin Bieber membuat pengumuman mengejutkan yang mengungkapkan fakta bahwa ia mengidap penyakit Lyme Disease alias penyakit Lyme.
Cerita Sara Fajira Jadi Korban Bully Bertubi-tubi
Sara Fajira mengaku punya kenangan buruk semasa kecil lantaran pernah dirundung atau jadi korban bully bertubi-tubi dari teman-temannya.
Tom Cruise, Virus Corona dan Agama Scientology
Aktor Hollywood Tom Cruise ketahuan bersembunyi di markas agama Scientology selama pandemi virus corona (Covid-19) berlangsung.
0
Jessica Iskandar Idap Penyakit Takikardia, Apa itu?
Pesohor Jessica Iskandar atau Jedar didiagnosis mengidap penyakit Takikardia. Apa itu?