UNTUK INDONESIA
Tom Cruise, Virus Corona dan Agama Scientology
Aktor Hollywood Tom Cruise ketahuan bersembunyi di markas agama Scientology selama pandemi virus corona (Covid-19) berlangsung.
Tom Cruise. (Foto: Instagram/tomcruise)

Jakarta - Aktor Hollywood Tom Cruise ketahuan bersembunyi di markas agama Scientology selama pandemi virus corona (Covid-19) berlangsung. Dia diketahui mengasingkan diri di sebuah tempat di kawasan Sussex yang berada di Inggris.

Seorang sumber kepada DailyMail menuturkan, tempat persembunyian Tom Cruise merupakan markas gereja Scientology milik pendiri agama tersebut di tahun 1959, L Ron Hubbard. Markas tersebut berupa mansion mewah yang berdiri sejak abad ke-18.

"Keberadaan Tom makin besar dalam organisasi ini. Ia adalah anggota yang aktif," ujar sumber tersebut, dikutip Tagar pada Senin, 22 Juni 2020.

Menurut keterangan yang dirangkum Tagar dari berbagai situs, istilah Scientology sendiri memiliki pengertian aliran kepercayaan yang menawarkan jalur kepada pemahaman yang lengkap dan jelas tentang kondisi spiritual seseorang.

Kondisi hubungan seseorang dengan dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, umat manusia, segala jenis bentuk kehidupan, alam semesta yang nyata, alam semesta roh dan yang Maha Tinggi.

Jika dipahami, aliran ini sebenarnya agak sedikit rumit. Secara singkat, Scientology berarti 'mengetahui bagaimana untuk tahu' atau knowing how to know. Jika diperdalam lagi, Scientology berasal dari dua kata, yakni 'scio' dari bahasa Latin yang berarti 'mengetahui' dan 'logos' dari bahasa Yunani yang berarti 'ilmu'.

ScientologyLogo agama Scientology

Aliran ini lahir di Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1954 silam dan kemudian berkembang pesat selama beberapa dekade. Banyak tokoh-tokoh penting seperti halnya Tom Cruise yang dikabarkan menganut aliran kepercayaan ini.

Bintang film Mission Impossible Tom Cruise sendiri telah memeluk aliran ini sejak tahun 1990. Perkenalannya dengan Scientology dimulai bersama istri pertamanya, Mimi Rogers.

Sejak saat itu, Tom Cruise menjadi salah satu anggota yang vokal memperkenalkan kepercayaan ini ke publik. Tom juga menjadi salah satu tokoh yang mendorong Scientology dapat diakui di Eropa.

Tokoh yang pernah didekati sang aktor untuk ikut serta bergabung di antaranya Nicolas Sarkozy, mantan presiden Prancis juga politisi Jean-Claude Gaudin. Organisasi Scientology pun memberi gelar pada Tom Cruise sebagai anggota yang militan.

Selama menjalani karantina di kawasan Sussex bernama Saint Hill Manor, Cruise banyak berhubungan dengan anggota Scientology lainnya. Di antaranya melakukan pertemuan dan menjalin kontak dengan pemimpin Scientology, David Miscavige.

Tom juga dikabarkan terpikir untuk pindah ke Inggris. Bintang berusia 57 tahun itu disebut tengah mencari properti yang tepat selama berada di sana.

Baca juga: Sujiwo Tejo Lepas Jenazah Nursamad Kamba Lewat Lagu

Musababnya, Inggris bukan hanya berkaitan dengan Scientology untuk Tom. Namun, putri adopsinya dengan Nicole Kidman, Isabella yang kini berusia 27 tahun juga menetap di London. []

Berita terkait
Unggah Cincin Kawin, Tara Basro Bikin Geger Internet
Tara basro digosipkan telah menikah setelah mengunggah sebuah foto dengan gambar jarinya dan jari seorang pria bersemat cincin kawin.
Ditanya Soal Agama, Istri Glenn Fredly Jawab Menohok
Istri Glenn Fredly, Mutia Ayu baru-baru ini disinggung soal agama yang dianut. Sehingga membuatnya mengeluarkan jawaban yang menohok.
Hotman Paris Hutapea Klarifikasi Isu Pindah Agama
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea memberikan klarifikasi mengenai isu yang menyebutnya berpindah agama.
0
Politisi PKB Sebut BBKSDA Sumut Melindungi Perusak Ekosistem
BBKSDA Sumatera Utara dituding melakukan pembiaran terhadap aktivitas perkebunan kelapa sawit yang merusak ekosistem.