Jerome Polin Puji Langkah Nadiem Makarim Sebagai Mendikbud

YouTuber Jerome Polin memuji langkah Nadiem Anwar Makarim sebagai Mendikbud.
YouTuber Jerome Polin berdiskusi melalui sesi live Instagram dengan Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Instagram/jeromepolin)

Jakarta - YouTuber Jerome Polin memuji langkah Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) saat ini. Kreator konten yang jago matematika itu mengaku bakal melakukan tiga hal penting jika ia menjabat sebagai Mendikbud Indonesia di masa depan.

Berbincang dengan Mendikbud melalui sesi live Instagram, Jerome mengaku bakal memantau pemerataan pendidikan, kesejahteraan guru, dan perbaikan kurikulum. Namun, ia bakal lebih dulu melihat ke lapangan secara langsung sebelum mengeluarkan kebijakan, seperti yang saat ini dilakukan Nadiem.

"Saya sudah 100 persen setuju sama program-program yang dilakukan Mas Menteri saat ini," ujar Jerome, dikutip Tagar pada Selasa, 30 Maret 2021.

Jerome menilai, perbaikan kurikulum mutlak diperlukan demi memperkuat pendidikan moral dan berpikir kritis di Indonesia sejak dini. Menurutnya, hal itu bakal melahirkan generasi baru yang tidak mudah termakan hoaks dan melakukan hal-hal kontraproduktif di internet.

Nadiem Anwar MakarimMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, melakukan kunjungan ke sekolah di kawasan Indonesia Timur. 9foto: Instagram/nadiemmakarim)

Menanggapi hal itu, Nadiem Makarim mengaku setuju bahwa melatih siswa untuk berpikir kritis tidak bisa dilakukan apabila murid hanya menerima informasi dari guru, dihafal, kemudian dites kemampuannya menggunakan pilihan ganda.

"Karena generasinya biasa menerima info mentah-mentah, ujung-ujungnya kemakan hoaks. Anak-anak harus terbiasa debat, buat essay, untuk melatih pemikiran logis dan beropini. Anak-anak harus jadi partisipator dan co-creator dari pendidikan mereka," ujar Nadiem Makarim.

"Program revolusi pendidikan bermula dan berakhir dengan guru, bagaimana kita mau ciptakan murid yang berani inovasi kalau gurunya enggak berani," kata dia.

Nadiem juga memastikan, beberapa tenaga pendidik di kawasan Indonesia Timur sudah mulai tercerahkan lewat program guru penggerak.

Hal tersebut membuat para tenaga pengajar mulai membiasaan diri mendengarkan pendapat murid dan tak lagi melarang apabila murid memberikan tanggapan yang berlawanan. []

Berita terkait
Perduli Dunia Pendidikan, Lotte Shopping Avenue Renovasi Perpustakaan
Lotte Shopping Avenue bekerjasama dengan Lotte Scholarship Foundation mengadakan kegiatan CSR berupa renovasi 3 perpustakaan di Jakarta.
Program SMK Pusat Keunggulan Kemendikbud Tuai Dukungan
Kemendikbud meluncurkan program SMK Pusat Keunggulan. Sejumlah dukungan terus mengalir dari pengusaha, Lembaga Pendidikan sampai Kemendagri.
Program Peningkatan D3 ke D4 Kemendikbud
Kemendikbud meningkatkan program D3 menjadi Sarjana Terapan D4 yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan industri.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.