Jerman Luncurkan Stimulus Rp 168,3 T untuk Covid-19

Pemerintah Jerman meluncurkan paket stimulus senilai 10,8 miliar dolar AS atau Rp 168,3 triliun untuk penanganan Covid-19.
Jerman meluncurkan paket stimulus ekonomi senilai 10,8 miliar dolar AS untuk penanganan pandemi virus corona Covid-19. (Foto: Reuters|Arab News).

Berlin - Pemerintah Jerman meluncurkan paket stimulus ekonomi senilai 10,8 miliar dolar AS atau setara Rp 168,3 triliun pada Kamis, 23 April 2020. Bantuan pemerintah ini untuk dana tambahan tunjangan pengangguran dan pemotongn pajak baru untuk membantu para pebisnis yang terimbas virus corona Covid-19.

Kebijakan itu ditempuh pemerintah Jerman setelah sektor bisnis dibuka kembali pasca penguncian selama sebulan. Para politisi mengklaim pemerintah berhasil mengendalikan virus corona.

Pekerja yang terpaksa tinggal di rumah akibat penguncian akan menerima antara 70 dan 70 persen dari gaji bersih bulan keempat program pengangguan.

Baca Juga: Cegah Corona, Mulai Senin Jerman Wajibkan Masker 

Program stimulus senilai 10,8 miliar dolar AS itu merupakan bagin dari program dukungan untuk ekonomi Jerman sekitar 1,1 triliun euro. Program bantuan ini terutama berupa jaminan publik untuk pinjaman bisnis bagi pelaku usaha yang terpapar Covid-19.

angelaKanselir Jerman Angela Merkel menghadiri rapat kabinet mingguan,di Berlin, Jerman, Rabu, 18 Maret 2020. Karena wabah Covid-19, rapat kabinet dilakukan di dalam ruangan besar konferensi internasional. (Foto: ANTARA FOTO/Michael Kappeler/Pool via Reuters/ama/djo).

Seperti diberitakan dari Arab News, Kamis, 23 April 2020, pekerja yang terpaksa tinggal di rumah akibat penguncian akan menerima antara 70 dan 70 persen dari gaji bersih bulan keempat program pengangguan. Ini terjadi kenaikan sepuluh persen dari ketentuan sebelumnya.

Sekolah yang selama ini ditutup karena Covid-19 akan dibuka kembali secara bertahap.

Dari bulan ketujuh, mereka akan menerima antara 80 dan 87 persen. Sementara mereka yang sudah menganggur tunjangan diperpanjang tiga bulan lagi untuk tahun ini. Pemerintah koalisi juga mengumumkan bahwa pajak pertambahan nilai (PPN) di sektor kuliner - yang telah terpukul oleh penutupan restoran dan kafe - akan dipotong dari 19 persen menjadi tujuh persen selama satu tahun mulai 1 Juli.

Baca Juga: Corona di Jerman: 120.479 Positif dan 2.673 Kematian 

Sekolah yang selama ini ditutup karena Covid-19 akan dibuka kembali secara bertahap. Pemerintah juga akan memberikan dukungan keuangan kepada keluarga untuk membeli komputer untuk pelajaran online. Mereka yang sangat membutuhkan dapat menerima hingga 150 euro.[]

Berita terkait
Cegah Corona, Mulai Senin Jerman Wajibkan Masker
Jerman akan mewajibkan penggunaan masker di area publik untuk memerangi penyebaran virus corona Covid-19.
Virus Corona: Jerman Kematian Ketiga, Iran 354 Tewas
Pemerintah Jerman melaporkan kematian ketiga sementara Iran mengumumkan jumlah korban jiwa di negara itu akibat COVID-19 mencapai 354 orang.
Negatif Corona Raja Thailand Isolasi Diri di Jerman
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang dikenal sebagai Rama X mengisolasi diri dari wabah virus corona di hotel mewah Jerman.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).