UNTUK INDONESIA
Jepang Pantau Warganya Mubazir Buang Makanan Tiap Hari
Pemerintah Jepang perhatian terhadap warganya yang mubazir buang makanan setiap hari.
Ilustrasi sisa makanan yang mubazir dibuang sia-sia. (Foto: Love Food Hate Waste NZ/Wikipedia)

Jakarta - Jepang perhatian terhadap warganya yang mubazir buang makanan setiap hari. Mencegah perilaku tersebut, pemerintah negara berjulukan matahari terbit itu akan mewujudkan hadirnya aplikasi smartphone yang dapat mengkalkulasi makanan terbuang tiap warganya.

Dikutip dari laman The Japan News, Pemerintah Jepang sedang mengembangkan aplikasi yang dapat menghitung total biaya dari makanan yang terbuang setiap harinya.

Nantinya aplikasi itu akan memberi tahu penggunanya total uang terbuang sia-sia untuk makanan yang mereka beli tetapi tidak dimakan.

Tindakan itu berdasarkan upaya Jepang ingin mengurangi limbah makanan, dan mendorong warganya agar tidak mubazir membeli makanan yang tidak diperlukan.

Makanan di kulkasIlustrasi makanan di dalam kulkas. (Foto: Pixabay)

Teknis menggunakan aplikasi, sejauh ini dengan cara memasukkan nama item makanan yang ingin dibuang pengguna. Selanjutnya aplikasi akan memberi informasi persis seperti ketika pengguna melihat struk usai membelinya, termasuk biaya pasca-pakai ketika membuang makanan.

Aplikasi ini juga akan menganalisis jumlah makanan yang tersisa di kulkas dan memberi tahu pengguna kapan waktu tepat untuk membeli barang-barang tertentu.

Aplikasi ini direncanakan selesai pada akhir tahun 2021. Sedangkan versi uji cobanya ditargetkan lebih awal yaitu pada akhir fiskal Jepang tahun depan.

Badan Urusan Konsumen Jepang mengalokasikan anggaran sebesar 80 juta yen atau sekitar Rp 10,6 miliar untuk mengembangkan aplikasi ini. Biaya itu diambil dari anggaran fiskal 2021. 

Baca juga:

Berita terkait
3 Makanan Penumbuh Rambut Berewok, Biar Ikut No Shave November!
Anda yang tidak punya kumis atau janggut mungkin keki tak bisa merayakan tradisi No Shave November. So, konsumsi makanan penumbuh berewok ini.
Fobia Makanan, Wanita Ini Hanya Makan Nugget Selama 15 Tahun
Wanita ini baru belajar cara menggunakan sendok dan garpu. Setelah makan nugget selama 15 tahun akibat fobia makanan.
3 Makanan Blokir Hormon DHT, Basmi Pemicu Rambut Rontok
Meningkatnya hormon dihydrotestosterone (DHT) berkontribusi terhadap kerontokan rambut pada pria dan wanita.
0
Gelar Aksi, Buruh di Aceh Tamiang Kecewa Bupati Tidak Hadir
Buruh di Aceh Tamiang, Aceh kecewa saat mengelar aksi karena bupati Aceh Tamiang tak hadir menemui mereka.