3 Makanan Blokir Hormon DHT, Basmi Pemicu Rambut Rontok

Meningkatnya hormon dihydrotestosterone (DHT) berkontribusi terhadap kerontokan rambut pada pria dan wanita.
Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Meningkatnya hormon dihydrotestosterone (DHT) berkontribusi terhadap kerontokan rambut pada pria dan wanita. Namun jangan khawatir, ada sejumlah makanan yang dapat memblokir produksi DHT.

Tubuh Anda secara alami mengubah sekitar 5 persen testosteron menjadi DHT melalui enzim yang disebut 5-alpha reductase. Sebab itu, produksi enzim tersebut patut dihambat untuk memblokir DHT pemicu kerontokan rambut.

Adapun sejumlah bahan makanan bisa melawan produksi DHT ketika dikonsumsi. Dikutip dari Healthline, berikut 3 bahan makanan tersebut:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa berasal dari daging buah kelapa. Biasanya digunakan untuk memasak karena dapat menahan suhu yang tinggi ketika menggoreng makanan.

Minyak kelapa jugadapat diaplikasikan dalam kecantikan, seperti untuk perawatan kulit, perawatan rambut, dan kesehatan secara keseluruhan.

Minyak kelapa mengandung persentase lemak yang tinggi dari trigliserida rantai menengah (MCT), terutama dalam bentuk asam laurat. Kandungan itu setelah diteliti terbukti dapat memblokir produksi DHT.

Ilustrasi Minyak KelapaIlustrasi Minyak Kelapa. (Foto: Pixabay/huyenxu94)

2. Bawang 

Bawang putih menambah rasa tajam ke banyak hidangan. Bawang mengandung sedikit kalori tetapi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti quercetin.

Dalam studi praklinis, quercetin telah terbukti menghambat produksi DHT dari testosteron dengan menghambat enzim alfa-5 reduktase dan mengurangi stres oksidatif.

Studi yang memakai tikus sebagai objeknya tersebut mengungkapkan, minyak kelapa dengan kombinasi obat resep dapat mengobati rambut rontok. Dalam penelitian tersebut, quercetin terbukti menurunkan produksi DHT pada tikus.

Ilustrasi BawangIlustrasi Bawang. (Foto: Pixabay/Hans)

3. Kunyit

Kunyit banyak digunakan untuk bumbu masakan. Ekstraknya juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Khasiat kunyit telah terbukti mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, meningkatkan kadar kolesterol, dan sebagainya.

Bahan makanan ini memiliki senyawa aktif kunyit yang tinggi disebut dengan kurkuminoid, atau kurkumin.

Penelitian yang dilakukan kepada hewan menunjukkan bahwa kurkumin menurunkan kadar DHT dengan cara memblokir enzim reduktase alfa-5.

Minuman KunyitMinuman Kunyit. (Foto: indonesian.com)
Berita terkait
Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Botak, Mitos atau Fakta?
Topi dipakai untuk pelengkap penampilan. Namun ada anggapan sering memakainya memicu kebotakan pada rambut. Mitos atau fakta ya?
Manfaat Air Ludah Sembuhkan Luka Basah, Mitos Atau Fakta?
Mengoleskan luka basah dengan air ludah atau air liur telah turun temurun diwariskan generasi lampau.
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.