Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk di Dalam Ruangan

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa menghasilkan banyak oksigen antara lain lidah buaya dan anggrek.
Ilustrasi Tanaman Hias (Foto: Tagar/Pixels/Andrew Neel)

Jakarta - Mengoleksi tanaman hias kini menjadi hobi yang digemari oleh banyak orang. Tidak hanya alasan keindahan, memiliki tanaman hias juga bisa membuat udara di area rumah menjadi lebih segar. 

Oleh karena itu, alasan lain yang dilihat ketika ingin mengoleksi tanaman hias adalah kemampuannya untuk memberikan oksigen sekaligus membersihkan kotoran di udara. 

Beberapa jenis tanaman hias yang bisa menghasilkan banyak oksigen antara lain lidah buaya dan anggrek. Selain keduanya masih ada jenis tanaman hias lainnya yang juga menghasilkan banyak oksigen antara lain.


Sirih Gading

Tanaman sirih gading atau pothos banyak dikoleksi oleh pecinta tanaman yang diletakkan di dalam rumah. Mengapa demikian? Hal itu karena tanaman ini menghasilkan banyak oksigen. 

Salah satu contohnya yakni tanaman ini dapa ditemukan di tempat-tempat yoga maupun kebugaran. Sering kali di tempat-tempat tersebut sirih gading diletakkan dengan tujuan agar udara terasa lebih segar dan sejuk. Sirih gading juga bermanfaat untuk membersihkan udara.


Lidah Mertua

Tanaman yang memiliki nama lain Sansevieria ini sudah diakui oleh Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) sebagai tanaman yang bisa memurnikan udara dan menyerap racun. 

Tidak hanya menghasilkan oksigen dengan baik, tanaman lidah mertua juga memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida, serta menyerap kelembapan. 

Oleh karena itu, lidah mertua termasuk tanaman yang direkomendasikan diletakkan di dalam rumah karena sangat baik untuk ruangan lembab yang kurang ventilasi.


Anggrek

Anggrek memiliki tampilan yang cantik, tanaman anggrek ternyata juga termasuk jenis yang menghasilkan banyak oksigen. Tak hanya itu, anggrek juga mampu membuang polutan yang ditemukan pada cat dinding dan menggantinya dengan udara segar untuk bernapas.


Palem Kuning

Tanaman yang menghasilkan banyak oksigen selanjutnya adalah palem kuning. Tanaman ini memiliki kelebihan dalam menampung karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Seperti halnya lidah mertua, palem kuning juga dapat menetralkan bahan-bahan kimia di udara.


Kaktus

Kaktus termasuk jenis tanaman hias yang sering diletakkan di dalam ruangan. Salah satu alasannya adalah karena kaktus merupakan tanaman penghasil oksigen yang bagus. Tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dengan baik dan menghasilkan oksigen dengan baik pula.


Spider plant atau lili paris

Studi dari NASA menemukan bahwa spider plant mampu menekan sebanyak 95 persen formaldehida dan xilena dalam ruangan tertutup dengan kurun waktu 24 jam.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Keberuntungan
Banyak orang yang memperbanyak koleksi tanaman hiasnya karena percaya akan mendatangkan keberuntungan
9 Tanaman Hias Indoor untuk Ruangan Sempit
Anda bisa memeilihara tanaman ini di pot kecil untuk menambah estetik hunian Anda.
7 Tanaman Hias Cantik yang Beracun dan Mematikan
Ada beberapa tanaman hias yang cantik namun mematikan karena beracun
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.