9 Tanaman Hias Indoor untuk Ruangan Sempit

Anda bisa memeilihara tanaman ini di pot kecil untuk menambah estetik hunian Anda.
Pilea. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Ingin memelihara atau mengoleksi tanaman hias yang cantik harus mempunyai halaman yang luas. Karena sebenarnya banyak tanaman hias indoor yang cocok untuk dirawat di ruangan yang sempit dan bisa tumbuh di sudut ruangan kecil. Perawatannya juga mudah, karena

Beberapa dari tanaman hias ini membutuhkan lebih sedikit cahaya matahari, sehingga cukup diletakkan saja di dekat jendela rumah.

Anda bisa memeilihara tanaman ini di pot kecil untuk menambah estetik hunian Anda

Dikutip dari House Beautiful, ini 9 pilihan tanaman hias yang cocok untuk ruangan sempit.


1. ZZ

Zamioculcas zamiifolia atau yang dikenal sebagai tanaman hias ZZ hanya membutuhkan sedikit air, Jadi, Anda jika tak banyak waktu untuk menyiram, pasti Anda akan menyukai tanaman hias yang satu ini.

ZZ juga akan tumbuh subur dalam cahaya terang, dengan sinar matahari langsung. Dilansir dari Bloomscape, ZZ juga dapat mentolerir cahaya redup jika Anda memiliki tempat yang kurang cahaya untuk merawatnya.

Banyak orang meletakkan ZZ plant di rumah maupun kantor. Selain bentuknya indah dan tahan banting, ZZ plant diyakini bisa membawa keberuntungan.


2. Pilea

Tanaman hias indoor ini ukurannya kecil dengan daun yang bulat berwarna hijau, bentuknya mirip pancake mini.

Pilea cocok ditanam di area yang cerah dengan sinar matahari tak langsung. Tanaman hias tergolong mudah dirawat, tapi Anda harus hati-hati dengan penyiramannya, karena Anda perlu menyiram tanahnya secara menyeluruh, kemudian biarkan tanahnya mengering. Sebaiknya, daun Pilea juga disemprot seminggu sekali.


3. Sweetheart

Bentuknya yang seperti hati membuat Sweetheart terlihat unik. Letakkan tanaman hias di dekat jendela rumah Anda, karena Sweetheart memang cocok dengan cahaya matahari langsung yang terang. Perawatannya juga cukup mudah, karena Sweetheart termasuk sukulen dan hanya membutuhkan sedikit air.


4. Bird of paradise

Tanaman hias ini memiliki bunga yang menyerupai burung terbang. Bird of paradise akan memberi nuansa tropis yang kental di rumah Anda. Agar tumbuh subur, letakkan pot bird of paradise di area yang terang. Namun jika tak ada sudut yang cerah di rumah Anda, tanaman hias ini juga kuat bertahan di ruangan yang lebih redup, hanya saja warna bunganya tak terlalu cerah. Agar tidak layu, hindari penyiraman yang berlebihan.


5. Yucca

Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan baik dalam cahaya terang dari sinar matahari tak langsung, karena daunnya bisa terbakar apabila terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung.

Yucca juga akan tetap tumbuh dalam cahaya redup. Hanya saja pertumbuhannya jauh lebih lambat.

Tak butuh banyak air untuk merawat yucca, karena Anda akan tahu tanaman hias ini perlu diberi air dengan memeriksa apakah setengah dari bagian atas tanah kering.


6. Lidah Buaya

Termasuk tanaman hias sekulen, lidah buaya senang terkena cahaya matahari dan hanya perlu disiram seminggu sekali saja, setelah tanahnya benar-benar kering.

Lidah buaya cocok ditanam di pot kecil lalu diletakkan di atas meja atau sudut ruangan. Agar lebih menarik, Anda bisa cat pot dengan warna kuning sehingga perpaduan pot dan tanaman lidah buaya jadi terlihat seperti nanas.


7. Sirih Gading

Sirih gading biasanya dijadikan tanaman hias gantung. Perawatannya cukup mudah, disiram saja, tetapi jangan sampai tanah pot tergenang air.

Pencahayaan terang dari sinar matahari secara langsung menjadi perawatan terbaik untuk Sirih gading, letakkan saja di dekat jendela rumah.


8. Philodendron.

Tanaman hias ini membutuhkan penyiraman ringan dan sedang, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa mengecek kondisi philodendron dari tampilan daun.

Jika daunnya menguning, berarti terlalu banyak cahaya. Apabila daunnya pucat, berarti cahaya terlalu sedikit. Kalau daunnya terkulai, berarti Anda memberinya terlalu banyak atau tidak cukup air. Philodendron memang memerlukan perawaran ekstra.


9. Puring

Daun tanaman hias bernuansa hijau dengan corak putih dan kemerahan, tampilannya memang indah.

Tetapi untuk mendapatkan tampilan puring yang cantik membutuhkan waktu dan kesabaran, karena tanaman hias ini membutuhkan kelembapan yang konstan dan banyak cahaya.

Dapur atau ruangan dengan jendela besar adalah tempat yang sangat ideal untuk meletakkan tanaman hias puring. Satu hal yang perlu diperhatikan, tanaman hias ini bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan dan manusia, jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.[]


Baca Juga :

Cara Merawat Keladi Agar Tidak Mudah Patah

Tips Merawat Aglaonema Agar Warnanya Menyala dan Mengkilap

5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi




Berita terkait
5 Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Keberuntungan
Banyak orang yang memperbanyak koleksi tanaman hiasnya karena percaya akan mendatangkan keberuntungan
7 Tanaman Hias Cantik yang Beracun dan Mematikan
sda beberapa tanaman hias yang cantik namun mematikan karena beracun
7 Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Apartemen
Semua koleksi tanaman hias Anda tetap bisa ditanam di apartemen Anda dengan membuat taman gantung di balkon.
0
9 Tanaman Hias Indoor untuk Ruangan Sempit
Anda bisa memeilihara tanaman ini di pot kecil untuk menambah estetik hunian Anda.