7 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan

Selain untuk mempercantik ruangan, beberapa tanaman hias ini juga dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran hidup bagi pemiliknya.
Ilustrasi Adenium,salah satu tanaman hias pembawa keberuntungan. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Merawat dan memelihara tanaman hias dirumah menjadi salah satu tren untuk mengusir kejenuhan di masa pandemi ini. Selain untuk mempercantik ruangan, beberapa tanaman hias ini juga dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran hidup bagi pemiliknya. Dikutip dari Womens Weekly, inilah 8 tanaman hias yang dipercaya membawa keberuntungan 


1. Adenium

Adenium atau kamboja Jepang, merupakan tanaman hias yang populer karena bunganya yang cantik berwarna merah muda cerah. Adenium menjadi pilihan populer selama perayaan imlek karena batangnya yang bengkak melambangkan kekayaan. Ada kepercayaan bahwa semakin besar batang basal, maka semakin banyak kemakmuran yang didapat. Tanaman hias ini menyukai paparan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.


2.  Anggrek oncidium

Ciri khas Anggrek oncidium adalah memiliki banyak bunga yang melambai ketika tertiup angin. Karena itulah, tanaman hias dikenal dengan sebutan dancing lady atau wanita menari. Tanaman hias ini dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran karena dilihat dari kelopak bunga berwarna kuning mungil yang terlihat seperti koin emas dan menjasi simbol kesuburan dan kelimpahan.

Cara merawat Anggrek oncidium juga cukup mudah, tanaman ini membutuhkan setidaknya satu hingga jam paparan sinar matahari setiap harinya. Agar drainasenya sempurna sampai ke akar, anggrek oncidium juga memerlukan media dari campuran sedikit lumut sphagnum, perlit, dan kulit kayu cemara.

3. Anggrek bulan

Bunga anggrek bulan atau phalaenopsis, merupakan tanaman yang populer karena keindahannya. Tanaman yang dalam bahasa mandarin disebut hu die lan ini memiliki kelopak bunga yang unik menyerupai sayap kupu-kupu. Anggrek bulan melambangkan kebahagiaan, musim semi, vitalitas dan umur panjang. Selain itu, anggrek bulan juga memiliki aroma harum yang semerbak. Agar tumbuh dengan baik, anggrek bulan perlu diletakkan di tempat yang memiliki cahaya sinar matahari cukup.


4. Red cymbidiums

Red cymbidium banyak disukai karena bunga mekarnya berwarna merah gelap yang besar dan cantik. Keindahan warna bunganya juga tidak akan memudar sampai kapan pun. Tanaman yang juga termasuk jenis anggrek ini juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Red cymbidium telah dikembangbiakkan secara khusus untuk kondisi tropis, sehingga cocok jika dirawat di lingkungan Indonesia.

5. Bambu hoki

Tanaman hias yang juga dikenal sebagai lucky bamboo ini disebut-sebut sebagai simbol kekuatan China. Biasanya, bambu hoki dihiasi pita merah dan ornamen keberuntungan. Yang menarik dari tanaman hias ini adalah jumlah batang bambu dalam satu pot melambangkan makna tang berbeda. Misalnya, dua diartikan sebagai ungkapan cinta, tujuh berarti kesehatan yang baik, sedangkan sembilan berarti kekayaan. 

Cara perawatan bambu hoki juga mudah, tanaman hias ini akan tumbuh subur di rumah yang dipenuhi cahaya. Tetapi, pot bambu hoki harus diputar sesering mungkin agar cahaya mencapai seluruh tanaman secara merata.

6. Tanaman giok

Tanaman giok atau jade plant banyak disukai karena keunikan daunnya yang berbentuk bulat menyerupai koin. Sesuai namanya, tanaman asal Afrika Selatan ini memiliki daun yang berwarna hijau zamrud menyerupai batu giok.

Jade plant dipercaya mampu membawa kesuksesan bisnis bagi pemiliknya. Perawatannya juga relatif mudah, cukup pastikan giok memperoleh jumlah cahaya yang cukup untuk tumbuh dan berikan air setiap dua hari sekali untuk hasil terbaik.

7. Sirih gading

Sirih gading dikenal akan keunikan daunnya yang berbentuk koin, sirih gading melambangkan keberuntungan dan kelimpahan. Ciri khas lainnya terletak pada dedaunannya yang berwarna hijau kekuning-kuningan. Sirih gading termasuk dalam tanaman hias rambat, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Selain itu, sirih gading juga bermanfaat untuk menghilangkan racun di udara seperti formaldehida, benzena, dan xilen, sehingga tanaman hias ini bagus untuk pemurnian. []

Berita terkait
5 Tanaman Hias yang Dianggap Pembawa Kesialan
Ada tanaman hias yang dianggap membawa sial karena menimbulkan konflik hingga mengundang roh jahat.
Cara Mudah Merawat Tanaman Spider Plant di Rumah
perawatan spider plant harus dilakukan dengan cara yang benar, terutama saat Anda membawa pulang tanaman ini dari pembibitan.
9 Jenis Tanaman Keladi Tercantik, Perawatannya Mudah
Keladi cocok dijadikan sebagai tanaman hias di rumah untuk menambah kesan asri.
0
7 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan
Selain untuk mempercantik ruangan, beberapa tanaman hias ini juga dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran hidup bagi pemiliknya.