Jenis dan Tips Memilih Aplikasi Saham Terbaik

Sehingga investor dapat mencari tau laporan keuangan, arus kas utang dan ekuitas emiten dengan memanfaatkan aplikasi investasi saham.
Ilustrasi aplikasi saham (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Berkembangnya teknologi membuat investasi pun menjadi lebih mudah. Salah satunya dengan aplikasi saham online, yang merupakan salah satu teknologi canggih di dunia investasi saham. Aplikasi investasi saham sendiri, berfungsi memantau fluktuasi harga setiap harinya.

Sehingga investor dapat mencari tau laporan keuangan, arus kas utang dan ekuitas emiten dengan memanfaatkan aplikasi investasi saham. Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis aplikasi saham.


1. Aplikasi saham dan simulasi

Ketika menjadi investor pemula sebaiknya memilih jenis aplikasi saham ini karena di dalamnya terdapat panduan cara jual-beli saham dan menganalisis fundamental perusahaan. 

Investor pemula akan terbantu dengan adanya penjelasan tentang tahap-tahap transaksi dan informasi daftar pergerakan saham dalam negeri ataupun luar negeri secara secara real time. Salah satu aplikasi saham jenis ini adalah Stock Market Simulator yang tersedia di App Store.


2. Aplikasi saham perusahaan sekuritas

Kini sudah banyak perusahaan sekuritas yang punya aplikasi untuk jual beli saham dengan lebih murah. Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu tidak perlu menggunakan jasa pialang sebagai perwakilan dari perusahaan sekuritas. Jual beli saham semudah bermain medsos karena semua sudah tersedia dalam genggaman.

Beberapa aplikasi saham jenis ini, antara lain.

  • Simas Equity Mobile dari PT Sinarmas Sekuritas
  • POEMS ID dari PT Phillip Sekuritas Indonesia
  • MOST Mobile Mandiri dari Mandiri Sekuritas
  • BIONS Mobile dari BNI Sekuritas, dan lain-lain.


3. Aplikasi saham dan berita pasar

Membaca informasi dan berita pasar saham sangat penting dilakukan investor untuk menganalisis kondisi fundamental perusahaan dan menganalisis situasi pasar modal terkini. Nah, hal itu bisa kamu lakukan dengan memiliki aplikasi saham dan berita pasar seperti Bisnis.com, Bloomberg, Kontan, dan lain sebagainya.


4. Aplikasi saham komunitas online

Sebagai investor pemula, kamu tentu ingin sharing dengan sesama investor lain untuk belajar mengatur strategi. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi saham komunitas online, seperti Stockbit yang tersedia di App Store ataupun Play Store.

Jika sudah mengunduhnya, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan ribuan pengguna lain tentang berbagai hal terkait saham. Misalnya, diskusi tentang situasi pasar saham saat ini, memberi tahu tentang kenaikan atau penurunan saham suatu perusahaan, dan lain-lain.


5. Aplikasi saham mobile banking

Tak hanya bisa digunakan untuk mengecek rekening dan transfer antarbank, layanan mobile banking tempatmu menabung rekening dana (RDN) juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan transaksi pembelian saham. Namun, mobile banking belum bisa kamu pakai untuk mengecek nilai saham atau hal lain terkait industri pasar modal.


Tips memilih aplikasi saham terbaik

Sebelum memilih aplikasi, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut dalam menentukan pilihan. Berikut ini tips cara memulih aplikasi saham terbaik.

  • Pilih aplikasi saham yang memudahkan kamu dalam membuka akun online.
  • Pertimbangkan aplikasi saham yang tidak menetapkan minimum deposit alias nol rupiah.
  • Pilih aplikasi online yang menyediakan informasi update, serta data dan chart yang berguna bagi kamu untuk memilih saham terbaik.
  • Aplikasi saham online terbaik tentu menyediakan customer service yang mudah dihubungi. Pastikan perusahaan memiliki hal ini.
  • Pilih aplikasi trading yang terintegrasi dengan instrumen investasi lain seperti reksa dana. Ini membantu kamu melakukan diversifikasi karena saham juga menjadi salah satu portofolio reksa dana.
  • Fitur trading auto yang sesuai bagi kamu yang sibuk memantau pergerakan pasar setiap saat.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Pengusaha Afrika Selatan Luncurkan Aplikasi Pemakaman
Seorang pengusaha Afrika Selatan telah menciptakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk menyederhanakan penyelenggaraan upacara pemakaman
Dishub Jatim : Perusahaan Aplikasi Online Harus Patuhi Peraturan
Dia menegaskan bahwa sampai hari ini pihak perusahaan aplikasi tidak konsisten dengan masih menerima pengemudi baru kendaraan yang tidak memiliki izin.
Dua Cara Profit Konsisten dalam Trading Saham ala Ellen May
Pemula dalam trading saham biasanya berfikir ingin mempunyai penghasilan dari pasar saham tapi takut dengan risikonya.
0
Jenis dan Tips Memilih Aplikasi Saham Terbaik
Sehingga investor dapat mencari tau laporan keuangan, arus kas utang dan ekuitas emiten dengan memanfaatkan aplikasi investasi saham.