Ini Daftar Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik

Aplikasi simulasi trading adalah solusinya, anda tidak perlu menggeluarkan uang sepeser pun.
Aplikasi Terbaik untuk Belajar Trading (Foto: Tagar/Freepik/Rawpixelcom)

Jakarta – Mau belajar trading tapi masih binggung melakukannya. Sebagai pemula hal itu wajar, selain itu ada baying-bayang mengalami kerugian akibar trading. Jangan khawatir, ada solusi yang dapat memecahkan permasalah untuk anda pemula yang ingin belajar trading. 

Aplikasi simulasi trading adalah solusinya, anda tidak perlu menggeluarkan uang sepeser pun. Malah anda yang mendapat uang “fiktif” untuk bermain saham secara online dalam simulasi tersebut.

Sama seperti investasi saham, trading saham juga tentunya memiliki risiko yang cenderung besar. Apalagi kalau anda memilih saham gorengan ketika melakukannya dibandingkan saham bluechip. Untuk meminimalisir risiko kerugian yang mungkin ditimbulkan, aplikasi simulasi trading saham banyak dipilih para trader pemula untuk belajar.

Inilah daftar aplikasi simulasi trading terbaik untuk pemula


Stockbit

Pengguna aplikasi ini dapat belajar bagaimana cara bermain saham dengan fitur virtual trading yang disediakan. Demo trading saham sesuai dengan pergerakan data bursa saham Indonesia aslinya. Tidak hanya secara virtual, pengguna bisa melakukan investasi sungguhan. 

Aplikasi Stockbit bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, sehingga untuk melakukan real trading, pengguna harus terdaftar sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas.

Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat berdiskusi mengenai berbagai info saham dengan investor dan trader lain yang tergabung dalam komunitas. Pengguna dapat melakukan chat pribadi dengan investor dan trader yang lainnya untuk analisa saham yang lebih intensif. Hal ini dapat menambah pengetahuan mengenai investasi saham, khususnya bagi pemula.


RTI Business

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak direkomendasikan untuk dimiliki para investor dan trader saham. RTI merupakan aplikasi yang menyediakan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia secara real time. 

RTI Business menjadi aplikasi favorit untuk dapat membantu investor melakukan analisa fundamental karena fiturnya terbilang lengkap. Seperti pada tab Financials terdapat gambaran kinerja perusahaan dalam 5 tahun terakhir mulai dari income statement, balance sheet, cash flow, earnings, profitability, hingga growth.

Anda dapat mengetahui secara detail transaksi saham tertentu dan histori pergerakan sahamnya dalam sebulan. 

Adapula fitur Calendar yang memuat berbagai jadwal aksi korporasi perusahaan, seperti dividen, right issue, RUPS, IPO, dan lainnya. Fitur simulasi ini berguna bagi pemula yang ingin belajar dan berlatih investasi atau trading saham, karena fitur transaksinya mirip dengan standar aplikasi dari perusahaan sekuritas aslinya.


Stock Trainer: Virtual Trading (Stock Markets)

Aplikasi Stock Trainer: Virtual Trading (Stock Markets) merupakan aplikasi yang menggunakan real market untuk membantu pemula memahami kondisi sebenarnya. Aplikasi ini memiliki tampilan muka (UI) yang sangat menarik seakan-akan sedang melakukan trading saham. 

Mirip dengan Stockbit, aplikasi ini juga menyediakan beragam saham dari perusahaan yang tercatat di BEI. Dengan setoran dana awal sebesar Rp.9 juta, anda bisa mulai belaja trading saham dengan bebas.


StockMarketSim - Stock Market Simulator

Aplikasi ini tidak kalah bagus dari dua aplikasi di atas karena menawarkan berbagai fitur unggulan yang bisa dicoba. Kelebihan StockMarketSim - Stock Market Simulator dibanding Stockbit dan Stock Trainer yaitu, anda dapat bebas memilih setoran dana awal, bisa dari dari Rp.10 miliar hingga triliunan. 

Selain itu, di sini tidak hanya tersedia saham perusahaan publik Indonesia saja, tapi juga luar negeri. Anda juga dapat memantau pergerakan saham virtual yang dibeli secara real-time. Kekurangna aplikasi ini, anda akan sangat diganggu dengan munculnya pop up iklan.


Stock Market Simulator

Aplikasi Stock Market Simulator memiliki rating yang baik di play store, tampilan muka aplikasi ini sangan cocok untuk para pemula trading karena sangan mudah dipahami. Anda juga dapat mempercepat waktu belajar dengan memajukan waktu menggunakan tombol GO. 

Kekurangan aplikasi Stock Market Simulator ini, anda hanya menemukan saham luar negeri saja dan tidak semuanya gratis. Namun kelebihan aplikasi ini dapat digunakan secara offline.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai 5 Miliar Dolar AS
Penjualan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah ia melakukan polling kepada pengguna Twitter tentang penjualan 10% sahamnya
4 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Trading Saham
Untuk menjadi seorang trader profesional, Anda harus disiplin dan harus melakukan riset harian.
Ingin Belajar Saham? Tenang Aplikasi Trading Bakal Fasilitasi
Saat ini banyak pilihan platform untuk mempelajari saham, salah satunya melalui aplikasi trading saham Stockbit. Nah, begini penjelasannya.
0
Ini Daftar Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik
Aplikasi simulasi trading adalah solusinya, anda tidak perlu menggeluarkan uang sepeser pun.